Lapor Presiden

Rumah Dinas Polisi di Tanah Abang Diduga Jadi Indekos

Tri Kurniawan    •    Senin, 12 Oct 2015 09:22 WIB
polri
Rumah Dinas Polisi di Tanah Abang Diduga Jadi Indekos
Ilustrasi. Foto: MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah rumah dinas polisi di Jalan Danau, Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, diduga dikomersilkan menjadi indekos. Warga melaporkan masalah ini ke Presiden Joko Widodo.

Seorang warga mengaku Andrew Chan meminta Presiden menertibkan fungsi rumah dinas termasuk rumah dinas polisi di Jalan Danau yang berubah jadi indekos. Ia melaporkan pelanggaran tersebut melalu situs www.laporpresiden.id.

Dalam aduannya Andrew menulis, rumah dinas polisi tersebut sudah puluhan tahun dikomersilkan. Dia mengatakan, hal itu melanggar Surat Keputusan Polri No.17/VIII/2001 tentang Petunjuk Administrasi Ketentuan-ketentuan Penggunaan Perumahan Dinas di Lingkungan Kepolisian.

Juga melanggar beberapa pasal pada Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1994 tentang Rumah Negara.

"Akan tetapi anehnya perpanjangan penerbitan surat izin penghunian terus berlangsung selama ini, walaupun jelas-jelas pada sisi kiri rumah dinas tersebut dipetak-petak menjadi beberapa kamar kos dan terdapat plang terima kos di pagar rumah," kata Andrew.

Andrew merasa Presiden perlu mengetahui dugaan pelanggaran itu. Menurut Andrew, saat negara tidak mampu menyediakan rumah dinas baru bagi aparat aktif, rumah dinas lama malah dikomersilkan.  

Laporan ini masuk ke situs laporpresiden pada 3 September dan sudah dilihat 161 kali. Komentar warga menanggapi laporan Andrew beragam. "Ayo pak polisi, sikaaaaaat," tulis Partogi Siahaan.

Seseorang dengan akun Gusz Oey menilai, "Preman makin subur di negeri ini."


(TRK)