Apple Tutup Akses Apple News di Tiongkok

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 12 Oct 2015 10:24 WIB
apple
Apple Tutup Akses Apple News di Tiongkok
Apple blokir aplikasi Apple News di Tiongkok.

Metrotvnews.com: Apple memblokir aplikasi beritanya, Apple News, di Tiongkok. Apple memilih langkah ini ketimbang mengimplementasikan sistem untuk sensor berita yang dinilai dapat memicu kemarahan warga Beijing.

Sebuah sumber mengkonfirmasikan hal ini kepada The New York Times. Apple News merupakan aplikasi Apple yang menawarkan cara optimal untuk membaca berita dari berbagai situs untuk sistem operasinya. Tiongkok terbukti sebagai pasar yang sulit untuk berbagai perusahaan teknologi. Kesulitan ini diakibatkan oleh peraturan Beijing terkait dengan konten yang dapat dinikmati oleh masyarakatnya.

Perusahaan teknologi umumnya diminta untuk menyaring media yang tersedia dalam aplikasi mereka sesuai dengan permintaan Tiongkok. Perusahaan yang tidak mematuhi peraturan ini akan menghadapi resiko blokir oleh sistem yang disebut Great Firewall of China, layaknya Facebook dan Twitter.

Apple menilai Tiongkok sebagai pasar besar untuk penjualan iPhone baru, sehingga memilih langkah memblokir masyarakat negara tirai bambu ini dalam mengakses Apple News.

Sementara ini, Apple News baru diluncurkan di Amerika Serikat, sehingga pengguna yang mengaktifkan ponsel dengan lokasi di negara adidaya tersebut dapat tetap mengakses aplikasi saat bepergian.


(ABE)