Bulog Sulteng Mulai Salurkan Rastra

   •    Senin, 12 Oct 2015 10:44 WIB
rastra
Bulog Sulteng Mulai Salurkan Rastra
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Palu: Perum Bulog Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah mulai menyalurkan beras sejahtera (rastra) ke-13 dan 14 yang dialokasikan kepada warga miskin di daerah setempat. Mulai saat ini, pemerintah mengubah istilan beras miskin (raskin) menjadi rastra.

Rastra tetap mendapatkan subsidi dari pemerintah dengan sasaran warga kurang mampu secara ekonomi. Harga rastra ditetapkan Rp1.600 per kilogram (kg). "Kami pekan lalu sudah menyalurkan rastra kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) di sejumlah kabupaten di Sulteng," kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Sulteng Abdul Gani, seperti dikutip Antara, di Palu, Senin (12/10/2015).

Ia mengatakan kabupaten Banggai dan Banggai Kepulauan saat ini sedang menyalurkan beras subsidi tersebut kepada warga yang berhak mendapatkan jatah rastra. Setelah itu, Kabupaten Sigi juga segera menyalurkan rastra. Sementara kabupaten lain dan Kota Palu akan menyusul.

Bulog Sulteng, jelas Gani, dalam menyalurkan beras untuk warga miskin berdasarkan pada Surat Perintah Alokasi (SPA) yang dikeluarkan bupati atau wali kota. SPA itu merupakan persyaratan yang harus dipenuhi agar Bulog bisa mengeluarkan beras dari gudang untuk selanjutnya didistribusi ke titik-titik penyaluran yang telah disepakati dengan pemkot dan pemkab.

"Begitu SPA sudah diterima, Bulog langsung menyalurkan," tegas dia seraya menambahkan bahwa mekanisme penyaluran rastra sama dengan raskin.

Pagu rastra ke-13 dan 14 yang dialokasikan pemerintah untuk RTS di 13 kabupaten dan kota di Sulteng 2015 ini sama dengan jatah raskin sekitar 36 ribu ton. Setiap bulan, Bulog Sulteng menyalurkan beras bersubsidi sekitar 3.000 ton untuk seluruh kabupaten dan kota di daerah ini.


(ABD)