Musim Pemilu Filipina Dimulai

Willy Haryono    •    Senin, 12 Oct 2015 15:07 WIB
pemilu asia
Musim Pemilu Filipina Dimulai
Puluhan warga di Manila, Filipina, Senin (12/10/2015), mendukung Wakil Presiden Jejomar Binay untuk menggantikan Presiden Benigno Aquino III dalam pemilihan umum pada Mei mendatang. (Foto: AFP / TED ALJIBE)

Metrotvnews.com, Manila: Musim pemilihan umum di Filipina dimulai, Senin (12/10/2015). Politisi mulai sibuk mendaftarkan diri, dan bersiap menggelar kampanye untuk tetap mempertahankan jabatannya atau mencoba naik ke level selanjutnya. 

Dalam pemilu enam tahunan ini, warga Filipina akan memilih pengganti Presiden Benigno Aquino III. Terdapat beberapa kandidat terdepan, seperti seorang politisi yang berjuang melawan tuduhan korupsi, anak adopsi dari seorang bintang film dan seorang tokoh dari Partai Liberal. 

Aquino, yang mendapat pengakuan internasional atas jasanya menghapus sistem korupsi di Filipina, mendorong para pendukungnya untuk memilih rekan lamanya, Mar Roxas. Roxas dianggap mampu melanjutkan gaya kepemimpinan "lurus" seperti dirinya.

"Ini adalah kampanye untuk melanjutkan kepemimpinan lurus, kampanye untuk menjadikan harapan kita menjadi mungkin, sebuah kampanye yang akan melanjutkan cerita heroik warga Filipina," ujar Aquino dalam pidatonya di Manila, seperti dilansir AFP. 

Kendati didukung presiden, popularitas Roxas kurang baik dalam beberapa polling dan menghadapi tantangan berat dari Jejomar Binay, wakil presiden saat ini. Roxas juga harus berhadapan dengan Grace Poe, anak perempuan dari aktor ternama Filipina. 

Proses registrasi pemilu Filipina dimulai hari ini. Terdapat lebih dari 18 ribu posisi untuk diperebutkan, mulai dari kursi presiden hingga kepala desa, pada Mei mendatang.


(WIL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

17 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA