Industri Jasa Keuangan Harus Tingkatkan Kemampuan Hadapi MEA

Eko Nordiansyah    •    Senin, 12 Oct 2015 15:54 WIB
mea 2015
Industri Jasa Keuangan Harus Tingkatkan Kemampuan Hadapi MEA
Ketua DK-OJK Muliaman D Hadad (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong industri jasa keuangan Indonesia untuk meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi persaingan regional di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, berlakunya MEA akan mempersempit kesenjangan kemampuan industri jasa keuangan di seluruh negara ASEAN, meningkatkan kestabilan sistem keuangan di kawasan, dan melindungi kepentingan konsumen.

"OJK berkepentingan agar industri jasa keuangan (di Indonesia) dapat tumbuh dan berkembang semakin kuat dan berdaya saing tinggi," ujar Muliaman, di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jalan Dr Wahidin, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2015).

Hal tersebut dilakukan dengan mendorong industri jasa keuangan terus meningkatkan efisiensi dan daya saing, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan meningkatkan infrastruktur pendukung lainnya agar industri jasa keuangan nasional mampu berprestasi di tingkat regional ASEAN.

Selain itu, OJK juga menggelar OJK Forum 2015 yang mengambil tema 'Peluang dan Tantangan Industri Jasa Keuangan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)' guna memberikan gambaran bagi industri jasa keuangan membangun outward looking strategy dalam menghadapi MEA 2015.

"Perlambatan pertumbuhan ekonomi domestik yang menuntut para pelaku industri untuk memiliki alternative plan, serta memanfaatkan pasar alternatif untuk mendukung kelanjutan pertumbuhan usaha, khususnya dalam kawasan ASEAN," pungkas dia.


(ABD)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

9 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA