Ratusan Orang Demo, Pelabuhan Bakauheni Lumpuh

Axgeis Yohanes Sapta    •    Senin, 12 Oct 2015 16:14 WIB
unjuk rasa
Ratusan Orang Demo, Pelabuhan Bakauheni Lumpuh
Foto ilustrasi antrean truk di pelabuhan. (Antara/Kristian Ali)

Metrotvnews.com, Lampung: Sedikitnya sekitar 500 orang pengurus kendaraan jasa penyeberangan melakukan aksi unjuk rasa di Kantor ASDP Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin 12 Oktober 2015.

Demo ini sebagai bentuk penolakan atas rencana PT ASDP yang akan memasang pintu gerbang menuju dermaga 3, 4, 5, dan dermaga 6. Massa menuding, kehadiran gerbang bakal dijadikan ajang pungutan liar oleh petugas pelabuhan. 

Pengunjuk rasa meminta pemerintah pusat mencopot Manajer Oprasional ASDP Pelabuhan Bakauheni. Mereka menganggap petinggi yang akrab disapa 02 itu sering mengelurakan kebijakan yang merugikan.

"Kebijakan ini banyak merugikan masyarakat kecil yang menggantungkan hidupnya di pelabuhan," ujar koordinator lapangan, Tangamus Hutabarat.

Jika tuntutan tidak dipenuhi, para pendemo mengancam akan memblokade Pelabuhan Bakauheni dan mengadang kendaran yang akan masuk ke dalam kapal. 

Akibat aksi ini, aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni lumpuh total. Para sopir truk lebih memilih memarkirkan kendaran dan ikut masuk ke dalam barisan aksi unjuk rasa sebagai bentuk dukungan. Jalan Lintas Sumatera pun mengalami kemacetan hingga 5 kilometer lebih.


(SAN)