Diminta Presiden Bikin Kanal di Hutan, Ini Jawaban Menteri Siti

M Rodhi Aulia    •    Senin, 12 Oct 2015 16:19 WIB
asap
Diminta Presiden Bikin Kanal di Hutan, Ini Jawaban Menteri Siti
Pengendara roda dua melintas di tengah-tengah asap dari kebakaran hutan. (Foto:antara/Nova Wahyudi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran hutan sulit dipadamkan karena kanal yang ada tidak berfungsi baik. Pengendapan membuat blok air untuk pemadaman api tidak bisa dilakukan.
 
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti keinginan Presiden Jokowi agar membuat kanal di tengah lahan gambut. Ia menegaskan, hal itu bukan pembuatan kanal baru, melainkan perbaikan kanal yang selama ini tidak berfungsi.
 
"Mohon dipahami, ketika Presiden katakan kanalisasi, itu maksudnya perbaiki kanal-kanal yang sudah ada. Kanal mengalami pengendapan, sehingga blok air tidak bisa digunakan untuk pemadaman. Kanalnya diluruskan, supaya airnya bisa digunakan untuk memadamkan lahan gambut," kata Siti Nurbaya usai rapat koordinasi di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2015).
 
Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Marsekal Madya TNI Dede Rusamsi.


(FZN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

7 minutes Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA