Ketua DPRD Jabar Setuju Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dikebiri

Jaenal Mutakin    •    Senin, 12 Oct 2015 16:28 WIB
kekerasan anakkekerasan seksual anak
Ketua DPRD Jabar Setuju Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dikebiri
Foto: Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Marak kasus kejahatan dan kekerasan seksual terhadap anak, disikapi sejumlah pihak. Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi setuju dengan usulan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yakni pelaku kejahatan dan kekerasan seksual terhadap anak harus dihukum berat dengan mengebiri saraf libido.

"Masa depan anak itu sangat panjang dengan penuh harapan dan cita-cita. Jadi, kalau ada yang merusak masa depan anak itu harus ditindak keras agar mereka jera dan (kasus) tidak terulang," kata Ineu Purwadewi di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/1O/2015).

Ineu berharap usulan hukuman kebiri pelaku kekerasan seksual terhadap anak ini menempuh kajian yang matang. "Dan Kami berharap kedepannya hukuman pengebirian ini jadi efektif. Dengan pengebirian bisa membuat jera," ujar dia.

Ineu menilai, jumlah kasus kekerasan seksual terhadap anak yang terungkap jauh lebih sedikit dibanding yang terjadi di tengah masyarakat. Untuk itu, dia berharap semua pihak yang mengetahui ada tindak kekerasan terhadap anak segera melapor ke pemerintah setempat atau polisi.

"Karena banyak yang belum menyadari betapa pentingnya melapor. Ada juga yang merasa malu untuk lapor karena aib," ujar dia.

"Ini sangat menghawatirkan, anak sebagai penentu masa depan. Maka dari itu, kata Ineu, DPRD Jabar akan mendukung penuh upaya perlindungan terhadap anak," pungkas dia.


(TTD)