Asmindo: Negara Tujuan Ekspor Tak Permasalahkan SVLK

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 12 Oct 2015 17:00 WIB
ekspor
Asmindo: Negara Tujuan Ekspor Tak Permasalahkan SVLK
Industri mebel. Foto Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) mengatakan importir tidak mempermasalahkan ada atau tidak adanya Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK).

Executive Director Asmindo Lisman Sumardjani mengaku kesulitan untuk meminta kepada anggota Asmindo mewajibkan menggunakan SVLK untuk eskpor produk mebel. Namun ada anggota yang mengatakan SVLK tidak diminta ketika sedang mengeskpor produk mebel tersebut.

"Saya pun susah katakan kepada anggota (Asmindo), 'eh bapak-bapak ibu-ibu, harus punya SVLK karena gini-gini'. Cuma ada yang bilang, 'pak kemarin saya eskpor ke Inggris tidak diminta tuh (SVLK)', susah jadinya," ujar Lisman Sumardjani saat ditemui di Hotel Double Tree, Jakarta Pusat, Senin (11/10/2015).

Selain itu, banyak pengusaha mebel yang mempertanyakan kewajiban penggunaan SVLK di dalam negeri sedangkan untuk tujuan ekspor tidak diwajibkan. Hal ini membuat pengusaha mebel menjadi bingung.

"Di dalam negeri diwajibkan SVLK tapi di luar tidak diminta, itu kan aneh, makanya munculah Deklarasi Ekspor (DE)," kata Lisman Sumardjani.

Untuk itu, dirinya meminta pemerintah untuk segera menandatangani lisensi FLEGT agar tidak ada lagi diskusi mengenai DE. "Saya katakan DE itu hanya pintu keluar dari Indonesia,  dan saya tekankan kepada buyer kami yakinkan bahwa di negara tujuan mau terima dengan DE atau tidak, kalau maunya SVLK ya tidak bisa," katanya.

Masih lanjut Lisman, semua kehebohan tentang DE ini disebabkan adanya ketidaknyambungan bahan baku dalam negeri dengan ekspor. "Karena pengusaha kita beli bahan baku untuk dijual, iya, kita kan pengusaha, kita begini-begini kan dijual," tutur Executive Director Asmindo.



(SAW)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA