Gardu Listrik Berasap, Biro Umum DKI: Tanggung Jawab PLN

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 12 Oct 2015 17:02 WIB
kebakaran gedung
Gardu Listrik Berasap, Biro Umum DKI: Tanggung Jawab PLN
Petugas Damkar berusaha mengamankan lokasi sumber asap di Blok H Balai Kota DKI. (Foto: MTVN/LB Ciputri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyerahkan kerusakan alat pemutus hubungan arus listrik (breaker) kepada PLN.  Pemprov tidak mengetahui penyebab kerusakan. Akibat kejadian itu, ruang gardu panel berasap dan mati lampu hingga membuat ratusan PNS panik.
 
"Breakernya tidak berfungsi. Jadi korsleting yang mengakibatkan aliran listrik putus. Penyebab pastinya tanya PLN," kata Kepala Biro Umum DKI, Agustino Darmawan, Senin (12/10/2015).
 
Selama ini perawatan breaker dilakukan oleh PLN. Biro Umun tak memiliki kewenangan melakukan perawatan rutin. "Hanya PLN yang boleh masuk ke sana. Lokasinya memang di bawah Blok H, tapi gardunya punya PLN. Sepenuhnya PLN," ujar Agustino.
 
Kejadian ini berawal dari putusnya arus listrik di gedung Pemprov DKI Jakarta. Selang beberapa waktu, asap mengepul dari dalam ruang gardu yang terletak di lantai dasar blok H.
 
Akibat kejadian ini, aktivitas PNS terganggu. Kendati demikian, pekerjaan PNS berjalan seperti biasa. "Sepanjang hari ini terganggu. Tapi tetap bisa kerja. Kerja enggak pakai AC. Turun enggak pake lift," kata Agustino.


(FZN)