Menteri ESDM Berikan Tiga Pernyataan Terkait Freeport

Annisa ayu artanti    •    Senin, 12 Oct 2015 18:40 WIB
freeport
Menteri ESDM Berikan Tiga Pernyataan Terkait Freeport
Illustrasi Freeport.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said memberikan tiga pernyatan terkait soal banyaknya pemberitaan pemerintah telah mengumumkan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

Menurutnya, selama ini baik pemerintah dan Freeport telah menjalin hubungan baik sehingga dapat mencapai kesepakatan tentang mutual respect terkait investasi jangka panjang.

"Saya mau kasih pendek saja soal Freeport. Satu, kesepakatan antara freeport dan pemerintah adalah kesepakatan strategis yang didasari pada mutual respect baik Freeport sebagai pelaku usaha maupun pemerintah sebagai regulator," kata Sudirman saat konferensi pers, di Kantor Direktorat Jendral Ketenagalistrikan, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Kemudian, Sudirman juga menjelaskan, dirinya telah mengirimkan surat kepada Freeport sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang isinya jaminan investasi jangka panjang Freeport tidak melanggar hukum.

"Dua, saya telah mengirim surat kepada Freeport dengan rumusan sesuai dengan arahan bapak presiden, yang isinya tidak ada risiko hukum maupun politik. Tidak ada pelanggaran hukum. Tidak ada kata-kata perpanjangan kontrak, tetapi rumusan itu menjadi solusi bagi persiapan kelanjutan investasi Freeport dalam jangka panjang," jelas Sudirman.

Terakhir ketiga, Sudirman menegaskan kepada pihak-pihak yang tidak paham terkait persoalan Freeport ini diharapkan untuk menghentikan spekulasi-spekulasi tidak benar.

"Tiga, para pihak yang tidak paham harap menghentikan spekulasi tentang perpanjangan kontrak karena itu sama sekali tidak benar. Terima kasih," tutup Sudirman.



(SAW)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

9 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA