Melihat Masalah Kesehatan dari Warna Urine

   •    Selasa, 13 Oct 2015 09:23 WIB
kesehatan
Melihat Masalah Kesehatan dari Warna Urine
Warna urin dan masalah kesehatan. (Foto:feelhealthylife.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Air seni atau urine setiap orang tidaklah sama. Warna urine tertentu nyatanya telah merujuk pada kesehatan yang Anda miliki. Banyak faktor yang mempengaruhi warna urine Anda, salah satunya adalah menunjukkan bahwa tubuh kurang cairan hingga obat-obatan yang Anda konsumsi.

Makanan yang Anda santap juga punya peran yang besar dalam perubahan warna urine Anda. Namun, bila warna urine berubah tiba-tiba, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter sebab itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan .

Berdasarkan penjelasan urolog Dr Daniel Shoskes, berikut beberapa makna di balik warna urine Anda.

1. Transparan
Saat buang air kecil, urine Anda berwarna transparan atau benar-benar terlihat jelas, secara umum diartikan Anda terlalu banyak minum. Dr Daniel melanjutkan bahwa Anda mungkin minum lebih dari yang tubuh Anda butuhkan. Terlalu banyak minum menipiskan garam dalam tubuh.

2. Kuning pucat 
Air seni berwarna kuning pucat atau seperti madu menunjukkan bahwa Anda kekurangan cairan di dalam tubuh. Jika demikian, perbanyaklah minum yang cukup mulai sekarang.

3. Coklat
Urine berwarna coklat bisa menjadi indikasi dari masalah hati atau empedu. Memang, seseorang yang mengidap penyakit hati yang sudah akut pasti memiliki urin berwarna kecoklatan. Segeralah periksa ke dokter agar dapat di atasi sedini mungkin. 

4. Merah muda kemerahan
Menurut Dr Daniel air seni berwarna merah muda atau merah selain karena makanan, bisa jadi menunjukkan bahwa Anda mengidap penyakit ganas seperti ginjal, kanker dan masalah kandung kemih. Sebab, warna merah urin bisa disebabkan oleh darah Anda. 

5. Biru atau hijau
Urine jenis ini sangat langka. Namun, beberapa penyakit seperti porfiria (masalah enzim genetik), warna urine biru atau hijau menjadi tanda pertama dari penyakit langka ini. (Sumarni/ Prevention)


(LOV)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA