Pemprov DKI Luncurkan Perpustakaan Digital i-Jakarta

Intan fauzi    •    Selasa, 13 Oct 2015 10:56 WIB
pemprov dki
Pemprov DKI Luncurkan Perpustakaan Digital i-Jakarta
Basuki Tjahaja Purnama saat peluncuran perpustakaan digital. Foto: MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan perpustakaan i-Jakarta. Program ini diharapkan meningkatkan minat baca dan memudahkan warga mendapatkan buku berkualitas.

"I-Jakarta adalah sarana untuk meningkatkan minat baca dan menjadi bagian dari Jakarta Smart City," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Agung, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2015).

Ini merupakan perpustakaan digital pertama di Tanah Air. Warga bisa memasukkan tulisan di i-Jakarta tanpa khawatir tidak terbit. Seluruh warga DKI bisa mengakses.

"Bagi warga yang peduli akan minat baca, silakan membuka perpustakaan pribadi di i-Jakarta agar koleksi bertambah dan masyarakat bisa pinjam secara gratis," ujar Ahok.

I-Jakarta merupakan bentuk pelayanan dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI. Ribuan judul buku dari berbagai kategori tersedia di i-Jakarta.

"Mulai dari buku pelajaran sekolah, kuliah, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah, dan buku-buku populer dapat diakses secara gratis," kata Kepala BPAD DKI, Tinia Budiati.

I-Jakarta bisa diakses dari Android, iOS, dan Windows. Pemerintah bekerja sama dengan PT Woolu Aksara Maya untuk membuat aplikasi ini.


(TRK)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA