38 dari 240 Jenis Narkoba Baru di Dunia Masuk ke Indonesia

Nurfajri BN    •    Selasa, 13 Oct 2015 11:43 WIB
narkoba
38 dari 240 Jenis Narkoba Baru di Dunia Masuk ke Indonesia
Sebanyak 23 pelaku kejahatan narkoba berhasil dibekuk BNN pada saat rilis penangkapan di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (28/8).-Foto: MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 38 dari 280 jenis baru narkoba yang ada di dunia telah masuk ke Indonesia. Dari angka itu, ada yang sudah bisa dikonstruksikan ke dalam aturan hukum dan ada yang belum.

"Untuk yang belum masuk aturan, kita segera lakukan penyesuaian agar segera masuk UU," kata Kepala BNN Budi Waseso dalam acara Sarasehan Advokasi P4GN bagi Kalangan Media, di Kawasan Rasuna Episentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/10/2015).

Budi Waseso mengatakan, modus dan jenis narkoba selalu berkembang. Sindikat narkotika terus melakukan uji coba dan modifikasi produk serta mencari cara dalam menyelundupkannya.

"Ada yang lewat teh, lewat tas wanita, lewat sepatu hak tinggi, atau dikelabui dengan barang-barang elektronik. Semua itu kita atasi dan kita tindak," tegasnya.

Jenderal polisi yang akrab disebut Buwas ini menyebut uang hasil kejahatan transnasional, antara lain meliputi narkotika, terorisme, penyelundupan senjata, dan penyelundupan manusia mencapai USD125 miliar per tahun. Khusus untuk peredaran gelap narkoba mencapai USD106,25 miliar per tahun. "Itu 85% dari USD125 miliar per tahun" sebutnya.

Peran Media

Buwas berharap ada timbal balik antara BNN dan media massa. Menurut dia, media lebih senang mengangkat berita tentang pengungkapan kasus narkoba atau aspek kriminalitasnya dibanding memberitakan tentang pencegahan dan rehabilitasi.

"Ini adalah tantangan bagi media untuk menyajikan berita seputar pencegahan dan rehabilitasi yang memiliki magnitude seperti halnya berita kriminalitas," kata Buwas.


(MBM)