Bulog Lubuklinggau Targetkan Beli Beras 5.500 Ton

   •    Selasa, 13 Oct 2015 13:05 WIB
beras
Bulog Lubuklinggau Targetkan Beli Beras 5.500 Ton
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Lubuklinggau: Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Lubuklinggau, Musirawas dan Musirawas Utara, Sumatera Selatan (Sumsel), menargetkan pengadaan beras lokal melalui pembelian pada musim tanam 2015 sebanyak 5.500 ton.

"Target sebanyak itu hingga saat ini baru tercapai sekitar 660 ton atau 20 persen karena harga beras petani cukup tinggi," kata Kepala Cabang Bulog Divisi Regional Lubuklinggau Joko, seperti dikutip Antara, di Lubuklinggau, Selasa (13/10/2015).

Meski pembelian beras lokal baru sebanyak 20 persen, namun dirinya tetap optimistis akan mencapai target tersebut karena pihaknya telah melakukan kerja sama dengan beberapa kelompok tani. "Kita masih ada waktu tiga bulan ke depan, sedangkan musim panen padi petani tidak serentak, sehingga masih berpeluang menyerap beras hingga 5.500 ton hingga akhir 2015," jelasnya.

Harga beras petani di Kota Lubuklinggau saat ini berkisar antara Rp7.900 sampai Rp9.000 per kilogram (kg), sedangkan harga beli pemerintah dipatok pada harga Rp7.300 per kg. Dengan harga pemerintah itu otomatis petani tak mau menjual kepada Bulog. Mereka lebih memilih menjual kepada para pedagang besar karena harganya sangat menjanjikan.

Kendati demikian, pihaknya terus berupaya untuk mencapai target tersebut dengan cara mengandeng para patani-petani kecil untuk meningkatkan pengadaan beras lokal. "Beras lokal itu rencananya untuk cadangan stok penambahan beras program pemerintah yaitu bulan 13 dan 14 bagi warga kurang mampu," pungkasny.


(ABD)