Mengenal Sejarah Rempah di Museum Week 2015

Putu Radar Bahurekso    •    Selasa, 13 Oct 2015 14:01 WIB
wisatakuliner nusantara
Mengenal Sejarah Rempah di Museum Week 2015
Jumpa pers gathering Jalur Rempah. (Foto:Putu Radar B.)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah. Rempah bukanlah sekedar bumbu dapur saja, namun rempah sudah menjadi bagian dari sejarah bangsa yang menandakan sebuah kejayaan di masa lalu. Melalui acara Museum Week 2015, masyarakat akan kembali diingatkan akan pentingnya peran rempah dalam sejarah Indonesia.

“Tujuan utama diselenggarakannya Museum Week 2015 dengan tema Jalur Rempah adalah untuk mengingatkan kembali kepada publik tentang pentingnya sejarah perdagangan rempah terhadap peradaban dan kebudayaan di Indonesia,” ujar Hani Fibianti, Content Director Yayasan Museum Indonesia.

Rempah adalah komoditas utama yang dimiliki bangsa Indonesia, bahkan karena rempah juga lah bangsa ini kemudian dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa Eropa. Jauh sebelumnya lagi, pada zaman kerajaan Islam maupun Hindu-Budha, rempah membuat negara ini menjadi pusat perdagangan di kawasan Asia Tenggara.

“Secara fakta telah ditemukan bahwa perdagangan lada di abad ke-12 telah membawa Kesultanan Banten menjadi salah satu metropolis dunia,” ujar Hani Fibianti.

“Tanaman-tanaman rempah memiliki banyak khasiat seperti untuk penyembuhan penyakit, kecantikan, hingga menjadi bahan masakan yang diminati oleh masyarakat dunia. Rempah-rempah terutama lada mulai marak diperdagangkan pada abad 15 ketika bangsa Eropa mulai melakukan kolonialisasi ke bagian timur,” tutur Didiek Setiabudi Hargono, perwakilan Kebun Raya Indonesia.

Melalui acara ini diharapkan bangsa Indonesia bisa mengambil inspirasi dari kisah sejarah masa lalu dimana rempah menjadi komoditas yang berhasil membesarkan bangsa.

“Dari acara ini kita tidak diharapkan hanya melihat sejarah saja tentang perdagangan rempah, melainkan juga dapat merefleksi dan mengambil inspirasi dari sejarah,” tutur sejarahwan J.J Rizal.

Sejarah rempah ini bisa Anda lihat di Museum Week 2015 yang akan diselenggarakan pada 18 hingga 25 Oktober di Museum Nasional Jakarta, mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.


(LOV)