OJK Terus Dorong Perbankan Luncurkan Laku Pandai

   •    Selasa, 13 Oct 2015 14:08 WIB
laku pandai
OJK Terus Dorong Perbankan Luncurkan Laku Pandai
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Denpasar: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong perbankan yang ada di Provinsi Bali untuk meluncurkan program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (laku pandai) yang mulai berlaku pada akhir Maret 2015.

Deputi Direktur Pengawasan Bank OJK Provinsi Bali Rochman Pamungkas menjelaskan, saat ini baru ada enam dari 17 perbankan nasional yang meluncurkan program tersebut. "Masih ada 11 bank yang belum meluncurkan laku pandai. Kami dorong untuk segera (diluncurkan)," ujarnya, seperti dikutip Antara, di Denpasar, Selasa (13/10/2015). 

Meski demikian, OJK memahami dalam rangka mewujudkan laku pandai memerlukan sejumlah persiapan baik sarana dan prasarana pendukung di antaranya infrastruktur, investasi, kemampuan sumber daya manusia hingga teknologi.

Dia tidak menampik layanan yang digagas dalam laku pandai itu harus berbasis teknologi yang salah satunya adalah telepon seluler untuk menjangkau akses keuangan. "Masing-masing bank memiliki kendala di antaranya kesiapan infrastruktur hingga teknologi," ungkapnya.

Rochman menambahkan, potensi masyarakat di Pulau Dewata untuk terserap dalam laku pandai itu cukup besar. Untuk masyarakat di desa, lanjut dia, sebagian besar sudah diakomodir oleh keberadaan lembaga perkreditan desa atau LPD yang mencapai sekitar 1.423 unit dengan total aset mencapai sekitar Rp12,9 triliun pada 2014.

"Kalau laku pandai itu diluncurkan (oleh perbankan lain), barang kali jumlahnya bisa lebih besar lagi yang dihimpun karena ada beberapa masyarakat yang belum terlayani," pungkasnya.


(ABD)