NPL Meningkat, Pefindo Revisi Prospek Bank DKI Jadi Negatif

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 13 Oct 2015 16:48 WIB
bank dki
NPL Meningkat, Pefindo Revisi Prospek Bank DKI Jadi Negatif
Ilustrasi Bank DKI. (FOTO: ANTARA)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank DKI mendapat revisi prospek dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dari stabil menjadi negatif. Hal ini disebabkan Non Performing Loan (NPL) dan Special Mention Loan (SML) yang meningkat.

"NPL Bank DKI mengalami peningkatan sebanyak 7,3 persen dan SML mengalami peningkatan sebanyak 5,2 persen pada Juni 2015," ujar Analis PT Pefindo Imelda Rusli, saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Adapun peringkat perusahaan dan obligasi VI/2011 idAA- dan peringkat obligasi subordinasi tahap II/2011 idA+ ini memiliki periode pemeringkatan yang berlaku dari 25 September 2015 hingga 1 Maret 2016.

Imelda melanjutkan, Pefindo dapat menurunkan peringkat jika perseroan tidak dapat melakukan perbaikan yang berarti pada profil kualitas asetnya. Sehingga memperlemah posisi risiko keuangan Bank DKI.

"Pefindo dapat merevisi prospek kembali menjadi stabil jika Bank DKI mampu memperbaiki profil keuangan dengan memperbaiki indikator kualitas aset secara berkesinambungan, didukung peningkatan profil keuangan secara keseluruhan," jelasnya.

Sekadar untuk diketahui, Bank DKI merupakan bank yang menawarkan jasa perbankan yang lengkap meliputi korporasi, komersial, kosnsumen, ritel/mikro, jasa perbendaharaan, dan syariah. Per 30 Juni 2015, struktur kepemilikan Bank DKI terdiri dari Pemda Provinsi DKI Jakarta (99,97 persen) dan PD Pasar Jaya (0,03 persen).


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA