Media Sosial

Ingat Foto 'Keluarga Korban Operasi Plastik'? Ini Faktanya

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 13 Oct 2015 17:26 WIB
media sosial
Ingat Foto 'Keluarga Korban Operasi Plastik'? Ini Faktanya
(Foto:meme.com)

Metrotvnews.com: Anda tentu tidak asing dengan foto di atas. Foto itu tersebar secara viral dan menjadi bahan tertawaan banyak orang. Tapi tahukan Anda cerita di balik foto tersebut?
 
Saat tersebar di internet pada 2012, foto tersebut dibumbui dengan cerita bahwa keluarga itu bercerai karena sang suami merasa dibohongi.  Si pria mulanya menuding istrinya selingkuh karena ketiga anaknya tidak ada yang mewarisi wajah rupawan kedua orang tuanya. Belakangan diketahui bahwa sang istri sebenarnya punya wajah asli yang tidak rupawan, namun, berubah  cantik setelah menjalani operasi plastik sebelum perkenalan keduanya terjadi.

Foto yang memasang Heidi Yeh sebagai karakter Ibu tersebut sebenarnya merupakan foto untuk iklan sebuah klinik kecantikan di Taiwan, yang dibagikan via akun Facebook.  Foto sempat digunakan oleh tabloid Heilongjiang sebagai ilustrasi cerita perceraian palsu.

Orang terlanjur percaya dengan cerita tersebut.  Akibatnya, Yeah menderita. Foto itu menghancurkan kehidupan pribadi dan kariernya sebagai model.   

Dalam konferensi pers di Taiwan, Heidi buka suara. Ia menuntut agensi J. Walter Thompson dan klinik kecantikan, Simple Beauty untuk bertanggung jawab atas kerugian moril dan materil yang dideritanya.

Menurut Yeh, foto yang bikin heboh itu seharusnya hanya digunakan untuk kepentingan iklan cetak, bukan untuk iklan digital. Namun tindakan Simple Beauty mengakibatkan foto tersebut digunakan sebagai bahan untuk meme dan cerita urban lain dalam versi berbeda.

Yeh mengaku penyebaran foto tersebut membuatnya terpuruk. Ia banyak kehilangan pekerjaan. Pendapatannya berkurang sebesar NTD4 juta atau CNY785.000 selama tiga tahun setelah foto tersebut beredar.



Yeh juga menjelaskan bahwa banyak orang yang mempercayai cerita palsu tersebut dengan banyaknya tuduhan yang menyebut ia telah berbohong agar dapat menikah, atau telah melakukan operasi plastik. Orang tidak mengenalnya sebagai artis, namun wanita yang diceraikan karena operasi plastik.

Sementara itu, JWT merespons tindakan Yeh. Mereka membantah telah melanggar kontrak terkait penggunaan foto. Menurut mereka kontrak itu memberikan hak penuh penggunaan foto tersebut, bukan hanya di media cetak, tetapi juga di media internet.  Perusahaan pun bermaksud menggugat balik Yeh. (elitereaders)


(FIT)