Ini Sosok Fransiskus Korban Selamat Helikopter di Samosir

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 13 Oct 2015 19:56 WIB
pesawat jatuhkecelakaan helikopter
Ini Sosok Fransiskus Korban Selamat Helikopter di Samosir
Prawignyo Sri Winoto, 73, menunjukkan foto keluarga besar Fransiscus dan Nur Harianto. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Fransiskus Subihardayan, 22, salah satu korban Helikopter EC-130 PK-BKA yang dinyatakan hilang kontak di Samosir, Medan, Sumatera Utara, telah ditemukan, Selasa, 13 Oktober. Selamatnya Fransiskus dikabarkan tak bisa dilepaskan dari keluarganya yang mengajarnya untuk tetap bertahan dalam kondisi apapun.

"Di keluarga besar, Frans (sebutan Fransiskus) diajari buat bisa survive apabila sewaktu-waktu berada di kondisi yang tak nyaman," kata paman Fransiskus, Benny Nurbiyanto, 50, saat ditemui di rumah Fransiskus, RT 04/11, Tegal Boyan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Benny melanjutkan, selain di keluarga, Frans yang lahir pada 24 Januari 1993 itu juga dididik untuk bisa hidup menyesuaikan dengan alam. Hal itu mulai ia lakukan saat bertugas di Kualanamu dalam satu tahun terakhir.

"Ada pendidikan sesuai dengan alam. Frans kan juga sudah tugas di Kualanamu kurang lebih satu tahun ini," ucapnya.

Nenek dari Fransiskus, Prawigyo Sri Winoto, 74, mengatakan jika cucunya yang lulus dari STM Penerbangan Yogyakarta 2011 itu juga sudah sejak kecil diajari berenang oleh pamannya yang juga menjadi korban helikopter hilang kontak, Nur Harianto. "Sejak kecil (Frans) sudah diajari renang. Dia sudah digembleng," ucapnya.

Prawignyo mengaku kenal Frans tidak seperti anak-anak yang lain. Terlebih, saat posisi Frans yang bekerja di perusahaan penerbangan bagian Helikopter Landing Operation (HLO). "Sejak kecil (Frans) tidak sama anak lain," tambahnya.

Seperti diberitakan, Fransiskus sudah ditemukan selamat. Meski telah ditemukan, pihak keluarga juga berharap seluruh penumpang helikopter, termasuk Nur Harianto, bisa ditemukan selamat.


(UWA)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA