Calon Tunggal, Pilkada di Tasikmalaya Pakai Kertas Suara Spesial

Jaenal Mutakin    •    Selasa, 13 Oct 2015 20:20 WIB
pilkada serentak
 Calon Tunggal, Pilkada di Tasikmalaya Pakai Kertas Suara Spesial
Ilustrasi kertas suara/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat tetap akan dilangsungkan meskipun hanya diikuti oleh calon tunggal. Bahkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah menginstruksikan kepada KPU Tasikmalaya agar mencabut keputusan penundaan pilkada.

"Kabupaten Tasikmalaya tetap mengikuti Pilkada serentak, sama dengan kabupaten lainnya, hanya saja, mekanisme pemilihannya berbeda, kertas suara tidak hanya bergambar calon bupati, tapi dituliskan juga pilihan 'setuju' dan 'tidak setuju'," kata ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat, di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (13/10/2015).

Yayat mengatakan, dirinya juga telah menginstruksikan kepada KPU Tasikmalaya untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan pilkada.  

"Tapi harus hati-hati, jangan sampai ada anggapan mengkampanyekan calon (bupati) tersebut," kata dia.

Meskipun calon tunggal, KPU tetap mewajibkan calon peserta pilkada untuk melakukan kampanye secara aman dan damai. Terkait anggaran pilkada, Yayat memastikan anggaran menyusut.

"Dana yang terpakai mencapai enam miliar rupiah, penyelenggaraan pilkada di Kabupaten Tasikmalaya menggunakan sisa anggaran yang telah dialokasikan," kata Yayat.

Sebelumnya, KPU Tasikmalaya memutuskan menunda keikutsertaan dalam pilkada serentak 2015. Pasalnya, hingga di masa pendaftaran akhir, baru ada satu pasangan calon yang menyatakan siap, yakni pasangan Uu Ruzhanul Ulum dan Ade Sugianto.


(SBH)

KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

4 hours Ago

Peradi mengajukan surat pemeriksaan etik terhadap Fredrich ke KPK.

BERITA LAINNYA