Ini Syarat Rizal Ramli untuk Perpanjangan Kontrak Freeport

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 13 Oct 2015 20:23 WIB
freeportkemenko maritim ads
Ini Syarat Rizal Ramli untuk Perpanjangan Kontrak Freeport
Tambang Freeport di Papua. ANTARA/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memberikan tiga syarat bagi PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk tetap bisa mengoperasikan perusahaannya yang ada di Papua.

Pertama, Rizal meminta Freeport untuk menaikkan royalti yang akan diberikan untuk Indonesia dari sebelumnya hanya satu persen menjadi enam hingga tujuh persen.

"Kita mau Freeport bayar royalti 6-7 persen dari sebelumnya satu persen," ungkapnya saat rapat dengan Badan Anggaran DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Kedua, Rizal meminta agar Freeport mau mengolah limbah yang dihasilkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut supaya tidak merusak lingkungan.

"Bereskan limbah tailing. Di Teluk Meksiko, BP (British Petroleum) menumpahkan minyak, pemerintah Amerika Serikat hukum denda USD 30 miliar. Tapi di Indonesia perusahaan asing seenak-enaknya karena pejabat bisa dilobi, semua bisa diatur," terangnya

Selanjutnya, Menko Rizal juga meminta induk perusahaan Freeport, yaitu Freeport McMoRan untuk divestasi atau melepas saham PT Freeport Indonesia agar BUMN bisa ikut memiliki PT Freeport Indonesia.

"Freeport mencla-mencle soal divestasi. Newmont saja sudah divestasi. Jadi percepat proses divestasi supaya BUMN kita bisa masuk," tandas dia.

Apalagi menurut Rizal, saat ini Freeport sedang kepepet karena nilai valuasinya turun hampir seperempat dibanding 2010. Bahkan, Freeport mengalami kerugian besar mencapai USD 14 miliar di Teluk Meksiko karena tidak mendapat minyak.

"Makanya andalan (pendapatan) satu-satunya di Indonesia, makanya mereka lobi apapun supaya kontraknya diperpanjang. Saya bilang ke Presiden untuk jadikan ini sebagai momentum," pungkasnya.











 


(SAW)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA