Menlu Rusia: Pengeboman Kedutaan di Suriah adalah Ulah Teroris

Fajar Nugraha    •    Selasa, 13 Oct 2015 22:39 WIB
suriah membara
Menlu Rusia: Pengeboman Kedutaan di Suriah adalah Ulah Teroris
Menlu Rusia Sergei Lavrov (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengecam serangan Kedutaan Besar Rusia di Damaskus. Menurutnya serangan di Suriah itu adalah ulah teroris.

"Duta Besar kami mengkonfirmasi laporan dari serangan itu," ujar Lavrov, seperti dikutip TASS, Selasa (13/10/2015).

"Dua roket jatuh di wilayah Kedutaan Besar Rusia di Damaskus. Satu di wilayah olahraga, satu lagi di atap rumah kediaman. Tidak ada yang terluka," imbuh Lavrov.

"Ini jelas adalah serangan teroris yang ditujukan untuk mengintimidasi pendukung perang melawan terorisme dan mencegah mereka mendominasi perlawanan ekstrimis," sebutnya.

Menlu Rusia itu menambahkan ISIS dan Jabhat Al-Nusra mencoba menyebarkan pengaruhnya di Damaskus. Lavrov turut menyebutkan bahwa ada beberapa kelompok militan lainnya yang bergerak aktif di Ibu Kota Suriah tersebut.

Menurut Lavrov, kelompok-kelompok ini kerap dianggap sebagai oposisi yang moderat. Padahal menurut statistik kelompok itu kerap terlibat dalam pengeboman di wilayah pemukiman Damaskus.

"Kelompok-kelompok ini melakukan tindak kekerasan, termasuk terhadap kelompok agama minoritas," tutur Lavrov.

"Kami harap para pelaku kejahatan ini akan diatas dan tindakan terukur atas insiden tersebut akan dilakukan," tambahnya.

Sebelum serangan itu, demonstrasi mendukung serangan udara Rusia di Suriah berlangsung di Kedubes Rusia di Damaskus. Demontrasi ini diikuti oleh ribuan warga Suriah.
 


(FJR)