Kuntoro Ditunjuk Jokowi Jadi Komisaris Utama PLN

Desi Angriani    •    Rabu, 14 Oct 2015 01:33 WIB
pln
Kuntoro Ditunjuk Jokowi Jadi Komisaris Utama PLN
Komisaris Utama PT PLN Kuntor Mangkusubroto. Foto: Antara/Wahyu Putro.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kuntoro Mangkusubroto ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Komisaris Utama PT PLN Persero menggantikan Chandra M. Hamzah. Chandra dikabarkan digeser sebagai komisaris utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero).

"Pak Kuntoro diminta presiden untuk memimpin PLN sebagai komisaris utama menggantikan Pak Chandra," kata Menteri ESDM Sudirman Said di Istana Negara, Jalan Veteran, Selasa (13/10/2015).

Menurut Sudirman, Kuntoro cukup berpengalam di bidang sektor energi. Apalagi, Kuntoro pernah menjadi Menteri Pertambangan dan Energi serta pernah memimpin PLN pada 2000-2001.

"PLN butuh orang yang paham betul mengenai energi dan beliau lama di energi dan pernah juga jadi menteri energi pernah juga dirut PLN," ungkap Sudirman.

Dia menjelaskan, proses pergantian Komisaris Utama PLN ini sepenuhnya diserahkan Presiden kepada Menteri BUMN Rini Soemarno. "Format usulannya sudah sampai, tinggal besok lusa Bu Rini akan diputuskan dalam RUPS," pungkasnya.

Kuntoro Mangkusubroto adalah Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP, atau lebih familiar disebut UKP4) sejak 22 Oktober 2009. Pria kelahiran Purwokerto 14 Maret 1947 ini adalah mantan Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia di era Kabinet Reformasi Pembangunan. Ia pernah menhabat Direktur Utama PLN tahun 2000 - 2001.

Ia juga merupakan mantan Kepala Badan Pelaksana - BRR Aceh-Nias yang bertugas melakukan pemulihan kawasan Aceh dan Nias pasca tsunami dahsyat 26 Desember 2004.


(DRI)