Kualifikasi Piala Eropa 2016

Italia Juara Grup, Norwegia Relakan Tiket Lolos Langsung Diambil Kroasia

Hilman Haris    •    Rabu, 14 Oct 2015 03:59 WIB
kualifikasi piala eropa 2016
Italia Juara Grup, Norwegia Relakan Tiket Lolos Langsung Diambil Kroasia
Para pemain Italia merayakan gol yang dicetak Pelle (ANDREAS SOLARO / AFP)

Metrotvnews.com, Roma: Italia mengakhiri Kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan sempurna. Meski sudah memastikan diri lolos ke Piala Eropa tahun depan, Italia tetap tampil spartan saat melawan Norwegia pada matchday ke-10, Rabu 14 Oktober. Kerja keras skuat asuhan Antonio Conte itu akhirnya berbuah tiga poin usai menang dengan skor 2-1.

Dua gol Gli Azzurri tercipta pada babak kedua melalui sepakan Alessandro Florenzi pada menit ke-73 dan Graziano Pelle pada menit ke-82. Sedangkan gol Norwegia tercipta pada menit ke-23 hasil dari tembakan gelandang berusia 29 tahun, Alexander Banor.

Conte pantas bersyukur Florenzi dan Pelle berhasil mereobek jala lawan. Pasalnya andai skor 1-0 untuk keunggulan Norwegia bertahan hingga akhir pertandingan, Conte bakal bersedih lantaran melihat Italia tergusur ke posisi kedua klasemen Grup H sehingga tampil di Piala Eropa 2016 sebagai tim nonunggulan.

Di sisi lain, kekalahan dari Italia membuat Norwegia harus menunda pesta merayakan lolos ke Piala Eropa 2016. Lantaran gagal memetik tiga angka, posisi dua klasemen Grup H yang sebelumnya dimiliki Norwegia diambil alih oleh Kroasia.

Situasi tersebut terjadi setelah Kroasia berhasil memetik kemenangan dengan skor 1-0 saat bertamu ke markas tim juru kunci, Malta. Berkat kemenangan itu, Kroasia meloncat ke posisi kedua dengan koleksi 20 poin. Satu angka lebih baik dari Norwegia yang akhirnya mesti melewati babak playoff untuk mendapatkan tiket ke Piala Eropa tahun depan.


(HIL)