On This Day

On This Day: Akhir Kisah Manis David Beckham Bersama Timnas Inggris

Hilman Haris    •    Rabu, 14 Oct 2015 09:00 WIB
pada hari ini
<i>On This Day:</i> Akhir Kisah Manis David Beckham Bersama Timnas Inggris
Beckham melambaikan tangan ke arah suporter usai membantu Inggris menang atas Belarusia (GLYN KIRK - AFP)

Metrotvnews.com, London: Stadion Wembley, di Kota London pada 14 Oktober 2009 menjadi saksi bisu penutupan dari kiprah panjang David Beckham bersama timnas Inggris. Belarusia menjadi lawan yang terakhir dihadapi Beckham ketika itu. Terasa istimewa karena Beckham sukses mengantarkan Inggris meraih kemenangan dengan skor 3-0 pada pertandingan di kancah Kualifikasi Piala Dunia 2010 tersebut.

Sejumlah rekor mengiringi langkah akhir Beckham bersama skuat The Three Lions. Ditambah pertandingan kontra Belarusia, Beckham total sudah mengoleksi 114 bersama Inggris. Dengan pencapaian itu, Beckham menjadi pesepak bola outfield Inggris dengan cap terbanyak hingga saat ini.

Catatan impresif Beckham bersama The Three Lions tak hanya itu. Hingga saat ini, ia masih tercatat sebagai pemain Inggris dengan penampilan di laga kompetitif terbanyak, yakni mencapai 68 pertandingan.

Beckham pertama kali membela Inggris pada 1996. Pada 2001, ia dinobatkan sebagai kapten Inggris dan mengemban tugas itu hingga Piala Dunia 2006. 

Pesepak bola yang identik dengan nomor 7 itu sempat "diasingkan" dari timnas Inggris ketika dilatih oleh Steve McClaren usai Piala Dunia 2006 rampung. Tapi selang setahun, McClaren kembali memanggil Beckham ke skuat The Three Lions usai tampil apik bersama Real Madrid pada musim 2006--2007.

Ada perjumpaan, ada pula perpisahan. Setelah 14 tahun, Beckham akhirnya mengucapkan kata perpisahan dengan timnas Inggris. Beckham dimasukkan pada menit ke-58 saat melawan Belarusia. 

The Three Lions yang ketika itu dilatih Fabio Capello sudah unggul 1-0 sebelum Beckham masuk. Putusan Capello memainkan Beckham tidak salah. Berkat sepakan terukur Beckham, Inggris berhasil mencetak dua gol tambahan yang dihasilkan Peter Crouch.

Capello sebetulnya berencana memasukkan Beckham ke dalam skuat Inggris untuk Piala Dunia 2010. Namun hal itu tak jadi dilakukan Capello karena sang superstar cedera jelang turnamen berlangsung. Alhasil, laga melawan Belarusia tercatat sebagai momen terakhir Beckham bersama timnas Inggris.  


(HIL)