Dua Pesawat Rusia dan AS Hampir Tabrakan di Suriah

Fajar Nugraha    •    Rabu, 14 Oct 2015 10:54 WIB
suriah membara
Dua Pesawat Rusia dan AS Hampir Tabrakan di Suriah
Pilot Rusia di atas jet tempur Sukhoi SU-25 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Amerika Serikat (AS) dan Rusia saling bersinggungan di wilayah udara Suriah. Dua pesawat Rusia dan dua pesawat AS hampir terlibat insiden.

Keempat pesawat itu hanya terpisahkan oleh jarak antara 16 hingga 32 kilometer (Km). Mereka hampir saja bersinggungan di wilayah udara Suriah pada Sabtu (10/10/2015).

"Pesawat-pesawat itu akhirnya menjadi dan tidak ada insiden terjadi," ujar Juru Bicara Koalisia Pimpinan AS Kolonel Steve Warren, seperti dikutip CNN, Rabu (14/10/2015).

"Semua pihak pun pergi melanjutkan urusannya masing-masing," lanjutnya.

Baik AS dan Rusia melakukan serangan ke wilayah Suriah khususnya kepada kekuatan Islamic State (ISIS). Bahkan sejak akhir September lalu, Rusia melancarkan serangan udara ke basis pertahanan militan itu.

Kolonel Warren menyebut serangan udara Suriah di Suriah dilakukan dengan ceroboh dan tidak terarah. "Serangan-serangan itu dilakukan dengan sangat tidak bertanggungjawab," tegas Kolonel Warren.

Pesawat-pesawat milik Rusia juga terus membayangi pesawat tak berawak milik AS. "Dari 80 serangan udara yang dilakukan Rusia, hanya sedikit yang mengenai ISIS," sebut Warren.

Warren menambahkan, serangan udara Rusia menunjukkan tidak ada kemajuan. Bahkan menurutnya, hal itu hanya memperkuat pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Rusia sendiri sebelumnya mengakui bahwa serangan itu ditujukkan untuk membantu Presiden Suriah itu. Tetapi mereka menegaskan bahwa ISIS tetap menjadi target utama.
 


(FJR)