PLN Berwacana Bangun PLTMG untuk Dukung PON 2020

   •    Rabu, 14 Oct 2015 11:07 WIB
pln
PLN Berwacana Bangun PLTMG untuk Dukung PON 2020
Ilustrasi pembangkit listrik. (FOTO: ANTARA/HENKY)

Metrotvnews.com, Jayapura: Manajemen PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) mewacanakan pembangunan beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) guna menopang kebutuhan listrik pada penyelenggaraan PON XX 2020 di Papua.

"Untuk PON 2020 kita sedang rencanakan pembangunan PLTMG. Lokasinya sekarang kita cari  di Holtekam dan juga di setiap tempat. Di Merauke kita sudah minta izin Pemda, di Timika, Biak dan Nabire," ucap General Manager PLN WP2B Robert Sitorus di Jayapura, Rabu (14/10/2015).

Disebutkannya, total daya yang akan dibangun melalui PLTMG untuk menopang PON 2020 akan mencapai lebih dari 100 megawatt (mw), dan itu di luar pembangunan pembangkit yang sedang berjalan seperti, PLTU Holtekam dan PLTA Genyem.

"Kalau untuk Jayapura yang akan dibangun  dua kali 25 mw, berarti 50 mw. Total yang mau kita bangun di Papua dan Papua Barat 240 mw dan seluruhnya PLTMG," ucap Robert, sebagaimana dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan, pemilihan gas yang dijadikan bahan bakar pembangkit karena faktor kemudahan suplai dimana ada beberapa sumber pasokannya di Provinsi Papua Barat.

"Rencananya gas kita yang ada di Papua Barat akan kita datangkan. Papua Barat itu kan banyak sumber gas, ada Tangguh, Petro China dan lainnya," kata Robert.

Sebelumnya, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Bangun Manurung mengungkapkan, hitungan kasar yang dilakukan pihaknya menunjukkan bahwa Papua masih kekurangan daya sekitar 30 mw untuk menggelar PON 2020.

Namun dia mengaku, untuk mengetahui angka pasti kebutuhan listrik PON 2020, pihaknya masih harus menunggu pembagian sarana dan prasarana olahraga di lima kluster pelaksana.


(AHL)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

15 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA