Alergi Antibiotik Hampir Membuat Anak 6 Tahun Buta

   •    Rabu, 14 Oct 2015 15:20 WIB
kesehatan
Alergi Antibiotik Hampir Membuat Anak 6 Tahun Buta
Declan Bitmead-Ellis (berkemeja merah) bersama orang tua dan adik (Foto:Daily Mail)

Metrotvnews.com, London: Anak berusia enam tahun, Declan Bitmead-Ellis, hampir buta akibat alergi antibiotik.

Declan meminum amoksisilin untuk mengatasi infeksi radang amandel. Tujuh bulan yang lalu setelah meminumnya, anak lelaki ini mengalami banyak luka lepuh dan ruam merah di sekujur tubuh.

Kondisi langka yang dideritanya menurut dokter dipicu akibat reaksi alergi terhadap obat sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh melawan sel-sel tubuhnya sendiri.

Para dokter yang menangani memperkirakan bahwa kesempatan hidup Declan hanya sedikit. Tubuh Declan terbakar dari dalam menyebabkan kulitnya melepuh sehingga sulit untuk disembuhkan.

Mukjizat datang. Declan tetap bertahan hidup setelah menjalani operasi berkali-kali.

"Reaksi alergi merusak lapisan bola matanya sehingga sekarang mata Declan menutup (terjadi masalah penglihatan)," ujar sang ibu, Ashleigh Ellis.


Declan menjalani perawatan ditemani orang tua dan adik (Foto:Daily Mail)

Ashleigh menceritakan kondisi Declan setelah dioperasi. Tidak ada kulit yang tersisa di tubuhnya. Bulu matanya habis dan semua rambutnya dicukur.

"Declan kerap berhalusinasi. Dan berbicara hal-hal yang aneh. Itu membuatku sedih," tuturnya.

Tujuh minggu berlalu pasca-operasi plastik dan pemulihan luka bakar, kesehatan Declan berangsur pulih. Meskipun tidak dapat melihat dengan jelas, Declan sekarang sudah bersekolah kembali dengan menggunakan kacamata yang diresepkan dokter.

Toxic Epidermal nekrolisis Syndrome yang menyerang Declan merupakan penyakit kulit yang mengancam jiwa. Gejala khas yakni berupa demam, nyeri tubuh, dan ruam merah di seluruh lapisan atas kulit.

Sekitar 200 obat telah dikaitkan dengan reaksi alergi ini. Kebutaan, kerusakan paru-paru, hingga kematian merupakan dampak dari kondisi ini bila terlambat ditangani. (Sumarni/Daily Mail)


(ROS)