Kemarau Ciptakan Cengkih Berkualitas

   •    Rabu, 14 Oct 2015 15:35 WIB
musim kemarau
Kemarau Ciptakan Cengkih Berkualitas
Illustrasi. ANT/ANDIKA WAHYU

Metrotvnews.com, Manado: Kemarau panjang membantu petani di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, dalam menghasilkan komoditas cengkih berkualitas terbaik.

"Kualitas cengkih di Kabupaten Minahasa justru semakin baik disaat kemarau panjang saat ini, karena proses penjemuran komoditas tersebut berlangsung sempurna, " kata petani cengkih asal Tondano Utara, Minahasa, Johnly Kilapong, di Manado, Rabu (14/10/2015).

Johnly mengatakan dengan adanya kemarau yang cukup panjang ini ternyata memberikan mutu yang lebih baik pada buah cengkih tersebut.

"Memang diakui ukuran cengkih agak lebih kecil tapi kualitasnya semakin baik," jelasnya.

Secara umum, kata Johnly, kemarau cukup panjang tahun ini, belum mempengaruhi produktivitas cengkih di Kabupaten Minahasa, karena sebagian besar tanaman perkebunan tersebut berada di kawasan pegunungan yang cuacanya lebih dingin.

"Walaupun kemarau panjang, tapi cuaca di Minahasa sangat dingin sehingga mampu mengimbangi kualitas produk yang dihasilkan," jelasnya.

Asisten II Pemkab Minahasa Wilford Siagian mengatakan untuk menjaga kualitas cengkih Minahasa pemerintah telah melakukan sertifikasi Indikasi Geografis (IG) terhadap cengkih Kabupaten Minahasa telah dikeluarkan langsung oleh Kemenhum dan HAM.

Wilford mengatakan dengan adanya sertifikasi standarisasi komoditas cengkih Minahasa maka diharapkan tidak akan ada produk daerah lain yang mengklaim bahwa itu cengkih Minahasa.

Dia mengatakan standarisasi komoditas cengkih Minahasa akan mampu meningkatkan dan memberikan standar harga yang wajar serta menguntungkan petani.

"Kami berharap dengan adanya standarisasi cengkih Minahasa maka harga di tingkat petani akan lebih baik dan tidak mudah dipermainkan oleh pasar," jelasnya.

Sebagai wujud kepedulian dari masyarakat Kabupaten Minahasa terhadap cengkih Minahasa dalam upaya mempertahankan kekhasan produk cengkih yang dihasilkan, agar dapat memberikan nilai tambah bagi petani serta peningkatan produktivitas dan mutu tanaman cengkih, maka petani dan masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Perlindungan Cengkih Minahasa (MPCM) telah bermohon agar cengkih Sulut distandarisasi.



(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

16 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA