Ini Modus Pembobolan Uang Nasabah Bank Danamon Jombang

Nurul Hidayat    •    Rabu, 14 Oct 2015 16:24 WIB
penipuan
Ini Modus Pembobolan Uang Nasabah Bank Danamon Jombang
Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang, AKP Wahyu Hidayat. Foto: MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: WSA, 35, Account Officer Funding Bank Danamon Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang menggelapkan dana nasabah hingga miliaran rupiah mengiming-imingi calon korbannya dengan deposito berbunga besar. Nasabah diminta membuka rekening baru dan menutup rekening lama.

"Ada beberapa nasabah yang berhasil dibujuk tersangka dan sepakat dengan aturan itu," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang, AKP Wahyu Hidayat, saat ditemui Metrotvnews.com di Mapolres Jombang, Rabu (14/10/2015).

Wahyu mengatakan saat proses pembuatan rekening baru dilakukan, calon korban dipanggil tersangka ke ruangannya dengan dalih melengkapi pesyaratan pengajuan program. Lantas, nasabah disodori aplikasi kosong dan surat kuasa atas nama tersangka untuk ditandatangani.

"Alasannya agar tersangka bisa membantu mengklaimkan bunga tersebut," ujar Wahyu.

Setelah penandatangan selesai maka pembobolan rekening pun dimulai. Ternyata surat kuasa dan aplikasi kosong itu digunakan tersangka untuk mentransfer sejumlah uang nasabah ke sebuah rekening dengan data pemegang yang dipalsukan, lengkap dengan kartu ATM yang dipegang tersangka.

"Kerugiannya mencapai miliaran rupiah, sebab salah satu nasabah saja melaporkan kerugian sebesar Rp1,5 miliar," kata Wahyu.


(SBH)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

7 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA