Kondisi Kabut Asap di Barito Utara Semakin Parah

Antara    •    Kamis, 15 Oct 2015 08:12 WIB
kabut asap
Kondisi Kabut Asap di Barito Utara Semakin Parah
Foto ilustrasi kabut asap. (AntaraSheravim)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan masih terus terjadi di wilayah Sumatra dan Kalimantan. Bahkan, kabut asap yang melanda wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, semakin parah dengan jarak pandang hanya 100 meter pada Kamis (15/10/2014) pagi ini.

Kepala Kelompok Tenaga Teknis pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Muarateweh, Sunardi, mengatakan jarak pandang yang hanya mencapai 100 meter dengan jarak pandang vertikal 150 feet disebabkan semakin pekatnya kabut asap di wilayah Barito Utara.

"Pagi ini cuaca terlihat berkabut dengan warna kekuning-kuningan," kata Sunardi, Kamis pagi.

Sementara Sekretaris Manggala Agni Pada Kantor Seksi Konservasi Wilayah IV Muarateweh, Aswaludin menduga pekatnya kabut asap akibat kiriman dari wilayah lain di sekitaran Barito Utara. Sebab, dari hasil deteksi titik panas di Barito Utara hanya ada dua titik.

"Kabut asap ini diduga kiriman dari luar kabupaten, karena deteksi satelit Terra di wilayah Barito Selatan ada 15 titik panas dan Barito Timur ada dua titik api," kata Aswaludin.

Salah seorang warga Muarateweh, Barito Utara Rahman Hidayat mengeluhkan kondisi kabut asap yang semakin parah di wilayahnya tersebut. Sebab, kabut asap ini tak hanya mengganggu pandangannya, tetapi juga telah menggangu kesehatannya.

"Kabut asap pagi ini semakin tebal disertai dengan embun sehingga jarak pandang sangat terbatas dan membuat sesak napas," kata Rahman.


(AZF)

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

58 minutes Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA