Modus Pembobol Dana Nasabah Ini Mirip Malinda Dee

Nurul Hidayat    •    Kamis, 15 Oct 2015 10:44 WIB
penipuan
Modus Pembobol Dana Nasabah Ini Mirip Malinda Dee
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jombang: Masih ingat dengan Malinda Dee alias Inong Malinda? Nama pembobol dana nasabah senilai Rp40 miliar itu kembali disebut. Kali ini oleh Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Wahyu Hidayat.

Baca: Pelaku Penggelapan Dana Nasabah Danamon Diringkus

Wahyu menyebut kasus penggelapan dana nasabah oleh WSA, account officer funding Bank Danamon Unit simpan-pinjam Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah ditangani jajarannya mirip dengan kasus Malinda Dee. 

"Modus yang digunakan juga hampir sama, yakni membuat nasabah percaya kepada WSA, kemudian menjanjikan program baru, kemudian mengajukan blanko kosong untuk ditandatangani," kata Wahyu, Kamis (15/10/2015).

Blanko inilah yang dia gunakanan untuk menarik dana nasabah. WSA juga menggunakan surat kuasa dari nasabah sehingga ini membuat nasabah seolah-olah datang ke bank untuk melakukan transaksi. 

Wahyu menambahkan, terkait penyebaran dana hasil penarikan juga memiliki kesamaan. Jika Malinda Dee menggunakan perusahan untuk menerima transferan dananya, WSA menjadikan rekening fiktif dan sebuah Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kabupaten Mojokerto untuk melancarkan aksinya.

"Namun, pengakuan dari pihak KSU, tersangka adalah nasabah bukan pemilik, dan KSU yamg digunakan adalah hanya cabang, sedangkan pusatnya berada di Bogor," imbuhnya.

Masih menurut Wahyu, terkait keterlibatan orang dekat apakah sama dengan kasus Malinda, Wahyu enggan berkomentar banyak. Pihaknya masih melakukan penyelidikan mengenai hal tersebut.

"Apakah nanti ada tindakan pencucian uang, kita tunggu saja perkembangannya, saat ini WSA sudah kita tetapkan sebagai tersangka kasus pembobolan uang nasabah saja," pungkasnya.


(SAN)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

8 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA