Tanggapan Anggota DPR Soal Kenaikan Tunjangan

Githa Farahdina    •    Kamis, 15 Oct 2015 10:50 WIB
dpr
Tanggapan Anggota DPR Soal Kenaikan Tunjangan
Ilustrasi--MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai komentar muncul terkait cairnya kenaikan dana tunjangan DPR. Ada yang buru-buru mengembalikan, ada juga yang belum mengetahui soal cairnya dana yang mengundang pro dan kontra itu.

Anggota Komisi III dari Fraksi PPP Arsul Sani mengaku tak bisa menerima dana kenaikan tunjangan DPR tersebut. Secepatnya Arsul akan mengembalikannya. "Saya akan mengembalikan," kata Arsul saat dihubungi, Kamis (15/10/2015).

Arsul mengaku belum tahu cara mengembalikan dana tersebut. "Sedang minta konfirmasi ke Setjen DPR ke mana bisa ditransfer kembali," tambah Arsul.

Sementara Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Demokrat Agus Hermanto mengaku belum tahu soal cairnya tunjangan yang besarannya sudah naik. Fraksi Partai Demokrat diakui belum membahas hal tersebut.

Agus berjanji segera menginformasikan keputusan fraksi kepada publik apakah pihaknya akan mengembalikan dana tersebut atau tidak. "Dari Fraksi PD, apa yang diputuskan oleh fraksi pasti seluruh anggota akan mengikutinya," kata Agus.

Fraksi PD akan menggelar rapat terkait kabar cairnya kenaikan tunjangan anggota DPR. Agus juga tak mau banyak komentar soal banyak anggota lain yang ingin mengembalikan dana tersebut. Menurutnya, itu menjadi urusan pribadi masing-masing. "Kalau memang ingin mengembalikan, kita persilakan," tambahnya.

Usulan kenaikan tunjangan DPR disetujui pemerintah. Tunjangan tersebut termuat dalam Surat Menteri Keuangan No S-520/MK.02/2015 dengan hal persetujuan prinsip tentang kenaikan indeks tunjangan kehormatan, tunjangan komunikasi intensif, tunjangan peningkatan fungsi pengawasan dan anggaran, serta bantuan langganan listrik dan telepon bagi anggota parlemen.


(YDH)