Gambar JPEG Bakal Punya Proteksi Copy

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 15 Oct 2015 12:30 WIB
teknologi
Gambar JPEG Bakal Punya Proteksi Copy
Tim JPEG disebut akan meluncurkan fitur keamanan pada gambar berformat JPEG.

Metrotvnews.com: Joint Photografic Experts Group dikabarkan akan meluncurkan fitur Privacy & Security. Fitur ini berpotensi menerapkan manajemen digital atau Digital Right Management (DRM) ke gambar JPEG reguler, tidak hanya untuk format JPEG 2000.

Fitur ini disebut dapat melindungi privasi dengan mengenkripsi metadata, seperti lokasi pemotretan, juga menghalangi pengguna menyalin atau membuka beberapa gambar. Penerapan DRM juga menghalangi foto digunakan untuk pemberitaan, penelitian atau karya seni gabungan, termasuk meme internet yang banyak beredar.

Electronic Frontier Foundation mencoba mencari pendekatan terbaik dalam presentasinya kepada JPEG Committee. Institusi ini mengaku meilhat nilai pada data enkripsi sebagai filter, tetapi menolak data tidak dapat diganti atau digunakan untuk menghalangi penyalinan.

Electronic Frontier Foundation menyebut layanan ini akan lebih mampu memberikan kendali pada data, dan menjamin pengukuran keamanan berbasis standar terbuka sehingga tidak merusak fungsionalitas.

Tim JPEG disebut masih mempertimbangkan saran dari Electronic Frontier Foundation. Dan hingga kini belum ada informasi resmi lebih lanjut terkait pengaplikasian fitur pengamanan ini.


(MMI)