Tapa Bisu Mubeng Beteng Jadi Warisan Budaya Nasional

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 15 Oct 2015 12:07 WIB
Tapa Bisu Mubeng Beteng Jadi Warisan Budaya Nasional
Foto: Persiapan Tapa Bisu Mubeng Beteng di Keraton Yogyakarta/MTVN_Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tapa Bisu Mubeng Beteng yakni bertapa diam memutari benteng di Keraton Yogyakarta dipastikan menjadi warisan budaya nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan kegiatan menyambut 1 Suro dalam kalender Jawa itu sebagai cagar budaya nonbenda.

"Sudah ditetapkan setelah sidang September lalu. Pada 20 Oktober baru ada penyerahan sertifikat penetapan," kata Kepala Bidang Sejarah, Purbakala, dan Museum Dinas Kebudayaan Yogyakarta Erlina Hidayati di Keben Keraton Yogyakarta, Rabu (14/10/2015) malam.

Erlina mengatakan, Tapa Bisu Mubeng Beteng Keraton menjadi warisan budaya nasional diajukan pada medio 2014 lalu. Pengajuan itu melalui proses panjang sehingga ditetapkan sebagai warisan budaya nasional. Mulai dari pengajuan dokumen, pelengkapan data, hingga verifikasi tim dari Jakarta ke Yogyakarta.

"Kami bersyukur dalam sidang pada September di Kemendikbud dengan perdebatan panjang, bisa disetujui dan lolos," ujar dia.

Dia juga mengatakan kegiatan itu ditetapkan sebagai warisan budaya lantaran dinilai punya makna filosofi. Yakni bersifat komunitas dan mengandung unsur gotong-royong.

Selain Tapa Bisu, ada juga benda ataupun kegiatan lain yang diajukan menjadi warisan budaya. Yakni makanan gudeg, ritual budaya 'saparan bekakak' dan bangunan Joglo. Ketiganya sudah ditetapkan menjadi warisan budaya.

"Kegiatan budaya, termasuk yang sudah menjadi warisan budaya harus kita lestarikan. Ini salah satu wujud kepedulian terhadap budaya yang kita miliki," kata dia.
(TTD)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

4 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA