Anggota Komisi I: Tragedi Aceh Singkil karena Koordinasi Aparat Lamban

Githa Farahdina    •    Kamis, 15 Oct 2015 12:08 WIB
bentrok
Anggota Komisi I: Tragedi Aceh Singkil karena Koordinasi Aparat Lamban
Ahmad Muzani. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani menyayangkan pecahnya kerusuhan yang berujung pada pembakaran rumah ibadah di Aceh Singkil, Nangroe Aceh Darussalam. Tragedi ini, nilai dia, terjadi akibat kurangnya koordinasi antara aparat keamanan dan pemerintah setempat.

"Saya masih menganggapnya sementara (persoalan) koordinasi. Nanti kalau koordinasi sudah dan terjadi lagi, berarti ada cara kerja yang salah dan ada kegagalan. Saya belum lihat ini sebagai sebuah kegagalan, tetapi ini sebagai sebuah koordinasi yang lamban atau tidak cakap," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/10/22015).

Kondisi masyarakat saat ini, tambah Muzani, sangat rawan terprovokasi. Apalagi, dalam kondisi ekonomi yang sulit. Semua komoditi yang menjadi basis kehidupan masyarakat menurun diikuti bencana kekeringan dan asap. Dalam kondisi ini, daya kesadaran masyarakat pun menurun sehingga sangat gampang diprovokasi dan tersulut hal-hal yang bersifat emosional.

"Dan faktor keyakinan agama adalah faktor pemicu paling sensitif dalam hal ini, sehingga itu menjadi pemicu (konflik)," tambahnya.

Muzani menawarkan jalan keluar, yakni mengembalikan kesadaran semua pihak sebagai sebuah bangsa. Semua pihak harus menyadai kerukunan dan kebhinekaan adalah faktor dasar terbentuknya negara.

"Itu harus menjadi kesadaran semua anak bangsa. Para tokoh harus terus mengingatkan ini sebagai sebuah bagian penting," ucapnya.


(KRI)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

25 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA