Ada Bukti Transaksi Mencurigakan Terkait Hilangnya WNI di Arab Saudi

Fajar Nugraha    •    Kamis, 15 Oct 2015 13:01 WIB
wni hilang
Ada Bukti Transaksi Mencurigakan Terkait Hilangnya WNI di Arab Saudi
Jubir Kemenlu Arrmanatha Nasir (Foto: MTVN)

Ada Bukti Transaksi Mencurigakan Terkait Hilangnya WNI di Arab Saudi
Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang warga negara Indonesia (WNI) masih dilaporkan hilang di Arab Saudi. Ada bukti transaksi mencurigakan terkait hilangnya WNI itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Arrmanatha Nasir menyebutkan pihak KBRI Riyadh sudah menugaskan atase hukum dan pengacara untuk membantu proses pencarian WNI tersebut.

"Informasi dari kejagung dan polisi (Arab Saudi), mereka belum mengetahui keberadaaan bersangkutan. Untuk saat ini ada dua WNI yang dimintai keterangan," ujar Arrmanatha, di Kantor Kemenlu, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

"Ada dua wni yang dimintai keterangan, dari penyelidikan yang didapatkan dari ruang tempat tinggal polisi dapat bukti transfer cukup besar," lanjutnya.

Arrmanatha menambahkan ada kecurigaan polisi dari kegiatan yang bersangkutan. Sedangkan proses pencarian dilanjutkan, termasuk istri juga ditahan untuk dimintai keterangan.

Sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Lalu Muhammad Iqbal menyatakan, dalam pertemuan antara tim perlindungan WNI KBRI Riyadh dengan badan investigasi diperoleh informasi adanya sejumlah petunjuk baru mengenai kasus ini. Salah satunya adalah adanya bukti percakapan atara WNI yang bernama Suparto dengan  beberapa orang WNI pasca 18 September 2015, di mana dirinya dilaporkan hilang.

Sejak menerima laporan pertama kali pada 7 Oktober, KBRI sudah mengirimkan tim perlindungan WNI ke TKP, ke rumah majikan dan ke kepolisian setempat, khususnya ke badan investigasi. Selanjutnya KBRI sudah menyampaikan nota ke kemenlu setempat guna meminta akses ke badan investigasi.
 


(FJR)