Obama akan Jamu Presiden Korsel di Gedung Putih

Willy Haryono    •    Kamis, 15 Oct 2015 14:10 WIB
as-korsel
Obama akan Jamu Presiden Korsel di Gedung Putih
Presiden AS Barack Obama (kiri) bersalaman dengan Presiden Korsel Park Geun-hye di Seoul, 25 April 2014. (Foto: AFP / JUNG YEON-JE / POOL)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menjamu tamu kehormatannya Presiden Korea Selatan Park Geun-hye di Gedung Putih pada Jumat mendatang. 

Kedua pemimpin dijadwalkan membahas berbagai bidang kerja sama dalam skala global, mulai dari kesehatan hingga keamanan dunia maya. Akan dibahas pula kolaborasi AS dan Korsel dalam sebuah misi pendaratan pesawat tanpa awak ke Bulan. 

Pertemuan Obama dan Park bertujuan menunjukkan kesatuan AS dan Korsel. 

Dalam menjalani tugas sebagai presiden di tahun kelima, Park berusaha memperluas diplomatik Korsel, termasuk kedekatan dengan Tiongkok yang dipandang sebagai rival ekonomi AS. 

Park dan Presiden Tiongkok XI Jinping telah bertemu enam kali dalam 2,5 tahun terakhir. Bulan lalu, Park hadir dalam parade militer Tiongkok di Beijing. 

Obama menjamu Xi di Gedung Putih bulan lalu, dan menawarkan kesempatan bagi Presiden Negeri Tirai Bambu serta Park untuk saling membandingkan catatan sejarah dan memperlihatkan aliansi setelah berakhirnya Perang Dunia II. 


(WIL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA