Ditemukan di Tempat Sampah, Mumi Kucing Kejutkan Pejalan Kaki

Willy Haryono    •    Kamis, 15 Oct 2015 14:48 WIB
satwa
Ditemukan di Tempat Sampah, Mumi Kucing Kejutkan Pejalan Kaki
Mumi kucing ditemukan di tempat sampah di Cardiff, Wales. (Foto: Facebook / Kellyann Jan)

Metrotvnews.com, Cardiff: Penampakan sesosok mumi kucing sempat membuat para pejalan kaki ketakutan. Terlihat seperti dari zaman Mesir Kuno, namun pada kenyataannya mumi kucing itu ditemukan di sebuah tempat sampah di Cardiff, Wales. 

Warga setempat, Kellyann Jan, mengunggah gambar mumi kucing itu di Facebook. Dia menulis: "Itu sudah pasti kucing mati sungguhan - ada belatung keluar dari telinganya. Kucing tersebut ditemukan di gudang, dan seseorang membuangnya ke tempat sampah." 

Paul Nicholson, profesor arkeologi di Cardiff University, menduga kucing itu adalah contoh dari proses alami mumifikasi.

"Ini mumi, tapi bukan seperti mumi yang ada di Mesir kuno," kata dia kepada Wales Online, seperti dikutip Mirror.co.uk, belum lama ini. 

"Objek ini disebut mumi alami, dan ini terjadi jika hewan mati, misalnya, di atap atau langit-langit, di mana ada bagian masuknya udara," sambung dia.

"Kalau (hewan) mati dalam cuaca hangat dan ada aliran udara, maka bangkainya akan mengering," kata Paul.

Menurut sang profesor, penemuan mumi kucing ini sebenarnya cukup umum dalam pembongkaran bangunan tua. 

Tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan bangkai kucing untuk menjadi mumi. Paul mengatakan mumifikasi alami dapat berlangsung jika proses pengeringan bangkai terjadi dengan cepat.

Di Mesir kuno, mumi sengaja dibuat dengan mengeringkan jasad seseorang dengan natron, semacam campuran zat kimia berbahan alami. Terdapat pula beberapa kasus ditemukannya mumi manusia di tempat yang sangat kering, seperti gurun pasir. (Nabila Gita)


(WIL)