BI Dorong Perbankan Maksimalkan Penyaluran KUR

   •    Kamis, 15 Oct 2015 16:15 WIB
kur
BI Dorong Perbankan Maksimalkan Penyaluran KUR
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jayapura: Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Joko Supratikto menyatakan pihaknya berupaya mendorong pihak perbankan yang ada di Papua untuk memaksimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"BI memberikan arahan untuk bagaimana mendorong penyaluran kredit kepada UMKM di dalam pelatihan yang diberikan kepada pejabat kreditnya supaya mereka punya kemampuan bagaimana menganalisis kredit UMKM," jelas Joko, seperti dikutip dari Antara, di Jayapura, Kamis (15/10/2015).

Menurut dia, ke depan BI akan menggunakan sistem reward and punishment kepada pihak perbankan untuk menggenjot penyaluran KUR dengan besaran 20 persen dari total keseluruhan kredit yang disalurkan.

"Di kita datanya ada kredit kepada UMKM, tidak hanya KUR. Ada kewajiban dari bank untuk menyalurkan itu. Ini bertahap. Nanti pada 2017 harus sudah 20 persen, dan kalau ada bank yang bisa mencapai itu ada insentifnya yang akan dilakukan setahun sekali. Untuk bank yang tidak mencapai akan ada disinsentif berupa pengurangan jasa giro," ucap Joko.

Menurut dia, kinerja perbankan dalam menyalurkan KUR yang ditujukan kepadala pelaku UMKM sudah tergolong baik dengan rasio kredit macet yang kecil. "Kinerja sejauh ini cukup baik, malah Bank Papua lebih dari dari 20 persen dan NPL (Non Performing Loan) masih dibawah standar yaitu lima persen," ungkapnya.

Namun demikian, Joko menyayangkan, hingga kini konsep terperinci dari kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan suku bunga KUR dari 22 persen per tahun menjadi 12 persen belum ada.

"Kalau target memang belum ada, konsep detilnya belum ada, tapi yang jelas kalau sudah ada nanti akan dibahas bersama dengan pihak perbankan," pungkasnya. 


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA