Rupiah Rebound di Awal Oktober

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 15 Oct 2015 16:38 WIB
rupiah menguat
Rupiah <i>Rebound</i> di Awal Oktober
Kepala BPS Suryamin (kiri) (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat mata uang rupiah mengalami depresiasi terhadap empat mata uang negara besar dunia, yaitu dolar Amerika Serikat (USD), dolar Australia (AUD), Yen Jepang (JPY) dan Euro (EUR) selama September 2015.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, depresiasi rupiah pada September dibanding bulan sebelumnya adalah menurun 4,02 persen terhadap USD, dua persen terhadap AUD, 4,13 persen terhadap yen dan 2,16 persen terhadap euro.

"Jika dilihat secara rinci, tadi di minggu kelima September terjadi pelemahan.Tapi di September minggu pertama, kita hanya melemah di USD saja, tiga lainnya kita lebih kuat. Tapi setelah itu, terjadi perubahan. Terhadap keempatnya melemah," jelas Suryamin, di Kantor Pusat BPS, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).

Namun demikian, Suryamin menyebutkan, jika pada awal Oktober hingga minggu kedua ini, nilai tukar rupiah mulai mengalami penguatan dibandingkan dengan keempat mata uang dunia tersebut.

Dirinya menambahkan, pada minggu pertama bulan Oktober sampai minggu lalu, rupiah menguat 4,64 persen terhadap USD, menguat 2,63 persen terhadap AUD, menguat 4,3 persen terhadap euro dan menguat 4,75 persen terhadap yen.

"Dari catatan kami, ini sebenarnya terjadi penguatan juga yang lebih signifikan. Minggu lalu ini penguatan sampai Rp13.900 per USD. Bahkan sekarang, di pasar sudah Rp13.500 per USD. Artinya ada penguatan lebih," pungkasnya.



(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA