Iran-Indonesia Perluas Kerja Sama Sektor Energi

Arif Wicaksono    •    Kamis, 15 Oct 2015 17:42 WIB
indonesia-iran
Iran-Indonesia Perluas Kerja Sama Sektor Energi
ilustrasi energi AFP/ADEK BERRY

Metrotvnews.com, Teheran: Menteri Energi Iran dan Indonesia memperluas hubungan bilateral di sektor energi dalam pertemuan tertutup pada Rabu 14 Oktober 2015. Mereka juga menyerukan keterlibatan lebih lanjut dari perusahaan Iran di pasar energi Indonesia.

Menteri Energi Iran Hamid Chitchian dan tamunya dari Indonesia Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Sudirman Said membahas berbagai ide untuk mengoperasionalkan kerja sama di bidang pembangkit listrik.

Sudirman Said menyatakan bahwa Indonesia, meningkatkan kapasitas pembangkit energi merupakan strategi kunci dalam pembangunan ekonomi.

"Meskipun pada saat ini terdapat adanya beberapa kekurangan dalam hal ini. Pendekatan pemerintah Indonesia adalah untuk diversifikasi sumber energi dan mengeksploitasi energi bersih dan terbarukan seperti matahari, angin dan sumber panas bumi," ujar Sudirman, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Presiden MAPNA Grup Abbas Aliabadi juga menyatakan minat dalam melakukan investasi dan keterlibatan aktif dalam pasar energi Indonesia. Sebagai tahap awal MAPNA akan investasi di sektor listrik.  

"Untuk tahap pertama, MAPNA siap untuk berinvestasi di sektor kelistrikan di Indonesia dalam rangka meningkatkan kapasitas pembangkit listrik negara untuk 1.000 megawatt (mw)," katanya. 

Sudirman juga mengaku puas dengan proyek overhaul Belawan dan proyek  perpanjangan umur pakai (LTE) dari MAPNA. Dia juga berharap untuk dapat melakukan kerjasama dengan konglomerat tersebut (MAPNA grup – red) dalam  sektor energi Indonesia di masa depan.
 



(SAW)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 hour Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA