50 Ribu Kaset CD Bajakan Digilas Stum

Pythag Kurniati    •    Kamis, 15 Oct 2015 19:06 WIB
pembajakan dvd
50 Ribu Kaset CD Bajakan Digilas Stum
Sebanyak 50 ribu keping kaset CD dan DVD bajakan digilas dengan mobil stum sebagai aksi protes para seniman terhadap pembajakan, Kamis (15/10/2015). Foto: Metrotvnews.com/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Dalam demo damai seniman antipembajakan di Lokananta Solo, Jawa Tengah, sebanyak 50 ribu keping compact disc (CD) dan digital video disc (DVD) bajakan digilas mobil stum. Aksi ini merupakan bentuk protes para seniman terhadap pembajakan yang kian merajalela. 

Pemusnahan CD dan DVD bajakan itu disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sejumlah seniman, perwakilan Polda Jawa Tengah, Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), serta masyarakat.

Cak Diqin, mewakili rekan-rekannya sesama seniman, mengatakan pembajakan harus diberantas. Pasalnya pembajakan sangat merugikan kehidupan para seniman. "Memproduksi karya membutuhkan waktu yang tak sebentar. Mulai dari rekaman, mixing hingga proses pembuatan video klip dan perizinan. Bisa menghabiskan waktu lima hingga enam bulan. Dalam waktu kurang dari satu hari, para pembajak menjual karya tanpa membeli lagu,” kata dia, Rabu (15/10/2015).

Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah , Kombes Mustafa, mengatakan prosedur penegakan hukum terhadap pelaku pembajakan diatur dalam UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. "Polisi bisa menindak para pembajak jika ada pengaduan dari pencipta maupun pemegang hak cipta," kata dia.

Pedangdut Rhoma Irama berharap UU Hak Cipta juga bisa menjerat para pembajaknya. “Jangan hanya menghancurkan keping-keping CD dan DVD-nya. Tindak tegas para pembajaknya. Hukum dengan hukuman yang sesuai, yakni 10 tahun penjara dan denda miliaran rupiah,” tuturnya.



(UWA)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA