Preseason Indonesian Basketball League (IBL) Akan Digelar di Bandung

Rizki Yanuardi    •    Kamis, 15 Oct 2015 19:41 WIB
basket indonesia
Preseason Indonesian Basketball League (IBL) Akan Digelar di Bandung
Skuat klub basket Satria Muda saat menjuarai liga basket nasional yang saat itu masih bernama NBL (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Liga basket tertinggi nasional yang dalam lima tahun terakhir bernama National Basketball League (NBL) akan kembali memakai nama Indonesian Basketball League (IBL). Bergulirnya liga bola basket nasional itu akan ditandai dengan preseason yang akan digelar di Kota Bandung, Jawa Barat, pada 24-29 November mendatang. 

Hal itu terungkap saat operator yang ditunjuk Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) untuk mengelola kompetisi IBL, Starting 5, mengunjungi Media Group dalam rangka promosi akan digulirkannya lagi liga bola basket tertinggi di Tanah Air itu, Kamis 15 Oktober 2015, di Green Room Lobby 3 Media Indonesia.

Namun sebelum kompetisi IBL bergulir, terlebih dahulu launching di Jakarta pada 19 November 2015 mendatang. "Kita launching pada 19 November nanti, dilanjutkan preseason di Bandung. Preseason hanya untuk klub putra," ujar Dana Purba dari Media Relation Starting 5.

Untuk praseason di Bandung nanti, menurut Direktur Operasional Starting 5 Wahyu Buana akan diikuti 12 klub. Nantinya ke 12 klub akan dibagi ke dalam tiga pool dan setiap juara pool dan runner up terbaik akan lolos ke babak semifinal. Kemudian dua tim terbaik di semifinal akan melaju ke babak final.

Ke 12 klub peserta yang akan mengikuti praseason nanti adalah Aspac M88 Jakarta, Satria Muda Britama Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, CLS Surabaya, Garuda Bandung, Hangtuah Sumatra Selatan, Bandung Utama, Pacific Surabaya, Bima Sakti Malang, Satya Wacana Salatiga, NSH Jakarta dan Stadium Jakarta.

Di musim ini, penggunaan pemain asing di klub peserta sepertinya belum akan terjadi. "Kemungkinan kita jajaki untuk pemain naturalisasi di musim berikutnya. Kemungkinan dua pemain. Atau setelah ada evaluasi ternyata tidak terlalu memberi dampak, mungkin hanya satu pemain naturalisasi bermain di klub IBL," kata Hasan Gazali, Komisaris IBL, yang juga menjabat Direktur Utama di Starting 5.

Juli lalu, Starting 5 telah ditunjuk Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) sebagai operator liga bola basket nasional untuk jangka waktu dua tahun, dengan opsi tiga tahun perpanjangan kontrak. 


(RIZ)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA