Kenny G: Ada Koneksi Antara Saya dengan Indonesia

Patricia Vicka    •    Kamis, 15 Oct 2015 20:03 WIB
kenny g
Kenny G: Ada Koneksi Antara Saya dengan Indonesia
Kenny G saat jumpa pers di Hotel Tentrem Yogyakarta. (Foto:Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Musisi jazz dunia Kenneth Gorelick atau yang akrab dipanggil Kenny G sudah tak sabar menghibur pecinta Jazz di Yogyakarta. Di hadapan para awak media, saksofonis kelahiran Michigan, Amerika Serikat ini bercerita betapa ia mencintai Indonesia. Buktinya, sudah 10 kali ia manggung dan mengunjungi Indonesia.

"Seringnya saya ke Indonesia membuat saya cinta Indonesia. Ada koneksi antara saya dengan Indonesia," ujar Kenny G saat jumpa pers di Hotel Tentrem Yogyakarta, Kamis (15/10/2015).

Koneksi batin dan kecintannya pada Indonesia membuatnya tak menolak ketika diminta tampil dalam Prambanan Jazz International Music Festival yang akan digelar pada Jumat 16 Oktober 2015. "Tidak ada alasan untuk menolak tampil di Indonesia. I Love Indonesia," tukasnya sambil tersenyum.

Walau sudah 10 kali mengunjungi Indonesia, tetapi besok adalah penampilan perdananya di Yogyakarta. Sebelumnya, ia lebih sering tampil di Jakarta.

"Saya belum pernah mengunjungi Yogyakarta. Tapi saya tahu Candi Prambanan adalah mahakarya Bangsa Indonesia yang luar biasa. Dan rasanya luar biasa bisa tampil besok di sana," kata pria yang mengenakan kemeja putih dipadu jas hitam tersebut.

Ia pun telah mempersiapkan lagu-lagu dan penampilan spesial untuk pertunjukan perdananya esok. "Karena besok spesial, saya akan memainkan lagu-lagu yang ingin didengar pecinta jazz Indonesia," jelasnya.

Menjadi seorang saksofonis profesional sudah menjadi pilihan hidupnya sejak masih muda. Debut profesional pertamanya dimulai saat ia berusia 17 tahun.

"Pertama kali belajar, saya langsung jatuh cinta dengan alat musik ini (saksofon). Saat bermain saksofon, jiwa saya terasa menyatu dalam alunan musik ini," terangnya.

Walaupun memegang gelar Sarjana Akuntansi dari University of Washington, ia memutuskan memilih hasrat hidupnya yakni menjadi seorang saksofonis ketimbang menjadi akuntan.

"Hidup enggak melulu soal uang. Tapi soal mencari kebahagiaan. Kalau kita bekerja mengikuti passion dan kesukaan kita, uang lah yang akan datang mengejar kita," tutupnya.

Disela-sela acara, Kenny G sempat mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Yogyakarta yang sudah mengundangnya dan antusias melihat penampilannya esok hari. "Maturnuwon Yogyakarta," tuturnya dalam bahasa Jawa.
(LOV)