Sistem Twice to Beat Diperkenalkan di Babak Play-off Kompetisi IBL

Rizki Yanuardi    •    Kamis, 15 Oct 2015 20:43 WIB
basket
Sistem Twice to Beat Diperkenalkan di Babak Play-off Kompetisi IBL
Laga di kompetisi NBL antara Satria Muda dan Aspac (Dok: fiabasketball.blogspot.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Starting 5 yang ditunjuk Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) untuk mengelola kompetisi reguler liga basket tertinggi nasional yang kembali bernama Indonesian Basketball League (IBL) akan memperkenalkan sistem baru. Sistem itu bernama twice to beat, dan baru diperkenalkan di babak play-off untuk klub peringkat 1-2 kompetisi reguler.

Dengan sistem twice to beat itu, jika klub peringkat 1 langsung mengalahkan klub peringkat 8 di babak play-off, klub tersebut otomatis langsung lolos ke babak semifinal. Pun begitu dengan klub peringkat 2 yang langsung menang atas klub peringkat 7 di babak play-off akan langsung ke semifinal.

Namun, jika klub peringkat 1 dan 2 yang mengalami kekalahan, maka pertandingan play-off dilanjutkan hingga skor akhir 2-0 atau 2-1.

Menurut Wahyu Buana, Direktur Operasional Starting 5, selaku operator IBL, babak play-off nantinya akan diikuti delapan klub. Akan berhadapan klub peringkat 1 melawan 8 , peringkat 2 melawan peringkat 7, peringkat 3 melawan peringkat 6, serta klub peringkat 4 melawan peringkat 5. 

Sementara untuk klub peringkat 3-6 dan 4-5 yang bertemu di babak play-off, sistem the best of three (tim yang lebih dulu mencapai tiga kali kemenangan lolos) yang akan digunakan. 

Selanjutnya di babak semifinal, pemenang peringkat 1-8 akan bertemu pemenang 4-5, dan pemenang 2-7 akan bertemu pemenang 3-6.

Jika tidak ada aral melintang, kompetisi IBL akan bergulir pada 7 Januari 2016 mendatang. Kompetisi digelar enam seri dan akan diikuti 12 klub peserta. 

Ke 12 klub tersebut  yaitu Aspac M88 Jakarta, Satria Muda Britama Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, CLS Surabaya, Garuda Bandung, Hangtuah Sumatra Selatan, Badnung Utama, Pacific Surabaya, Bima Sakti Malang, Satya Wacana Salatiga, NSH Jakarta dan Stadium Jakarta.

"Masing-masing klub akan bertanding sebanyak 33 kali di babak reguler," kata Wahyu di Green Room Lobby 3 Media Indonesia, Kamis (15/10/2015).

Enam seri kompetisi IBL akan digelar di enam kota, yaitu di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. 

"Kecuali wanita yang hanya diikuti empat klub, kompetisi digelar di Semarang dan Surabaya," ujar Wahyu.

Sebelum kompetisi IBL bergulir, terlebih dahulu launching dilakukan di Jakarta pada 19 November 2015 mendatang. Kemudian dilanjutkan preseason di Bandung pada 24-29 November 2015 mendatang.


(RIZ)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA