Rumah Ibadah Dibakar, Jemaat Pilih Mengungsi

Januari Hutabarat    •    Kamis, 15 Oct 2015 21:18 WIB
bentrok
Rumah Ibadah Dibakar, Jemaat Pilih Mengungsi
Aparat Kepolisian dan TNI berjaga di lokasi pasca kerusuhan di Desa Suka Makmur, Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Rabu (14/10). Foto: Antara/Moonstar Simanjuntak

Metrotvnews.com, Sibologa: Jemaat rumah ibadah yang dibakar di Desa Suka Makmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, memilih mengungsi. Mereka mencari aman ke Desa Saragi, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara.

Pengungsi mulai mengalir sejak Selasa, 13 Oktober. Mereka tiba di posko pengungsi dengan wajah lesu. Ditemui di lokasi pengungsian, Rudianto, 49, warga Desa Tuntukan, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, mengatakan, pembakaran rumah ibadah di desanya bukan kali pertama.

Menurut dia, pada 1979 terjadi aksi serupa karena warga menolak pendirian rumah ibadah. Kejadian kedua pada 1999. Pelakunya Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Akibatnya seluruh jemaat terpaksa mengungsi saat itu. 

"Jemaat kembali ke tempat tinggal masing-masing setelah permasalahan reda melalui perundingan pada 2001 antara kelompok pembakar dengan jemaat yang difasilitasi pemerintah setempat," Rudianto bercerita, Kamis (15/10/2015).

Dalam perundingan, lanjut dia, pihak GAM berharap rumah ibadah hanya dibangun satu dan harus memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Namun, konflik kembali pecah pada Selasa, 6 Oktober. Sejumlah orang berdemonstrasi di kantor Bupati Aceh Singkil untuk membongkar bangunan rumah ibadah. 

Pada Selasa, 13 Oktober, perusakan pun terjadi. Hingga kini para jemaat kembali mengungsi untuk menyelamatkan diri. Di posko pengungsian jemaat selalu berdoa dan meminta agar konfilk tersebut berakhir, sehingga meraka dapat beraktivitas serta menempati rumah tinggalnya masing-masing.

Selain berharap bantuan dari berbagai pihak, warga tidak dapat berbuat banyak selain berdoa.


(UWA)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA