Button dan Alonso Berharap Red Bull Tetap di F1

   •    Kamis, 15 Oct 2015 21:13 WIB
formula satu
Button dan Alonso Berharap Red Bull Tetap di F1
Pembalap Red Bull Daniil Kvyat saat kualifikasi Grand Prix Rusia di Sirkuit Sochi Autodrom 10 Oktober 2015 (Foto: AFP/ANDREJ ISAKOVICAFP)

Metrotvnews.com, Tokyo: Pembalap McLaren Honda Jenson Button dan Fernando Alonso menyesalkan jika tim Red Bull keluar dari ajang Formula 1 pada musim depan.

Kepastian Red Bull masih dipertanyakan untuk tetap di F1, lantaran McLaren dan Ferrari menolak untuk memasok mesin terbarunya. 

Sementara itu, perdebatan ini disetujui Federasi Internasional Automobil bahwa selaku pemasok daya dan unit Ferrari, Mercedes Renault dan Honda tidak akan diizinkan memasok mesin rendah untuk para pembalap di musim balap 2016.

Kedua pembalap McLaren Honda, Jenson Button dan Fernando Alonso mengatakan itu akan menjadi sangat buruk apabila F1 kehilangan tim Red Bull dan dan Toro Rosso. Button percaya, F1 tidak memiliki pilihan selain menerapkan tim tiga mobil untuk tahun depan. 

"Jika mereka keluar meninggalkan F1 itu pasti akan berubah dan itu akan menjadi kerugian yang sangat menyedihkan untuk olahraga karena mereka adalah bagian yang sangat besar. Mereka memiliki dua tim dan banyak orang yang berbakat telah mencapai prestasi di waktu singkat mereka di F1. Akan sangat sedih melihat mereka pergi. Mudah-mudahan itu hanya rumor dan spekulasi," ujar Button.

"Ya, itu menyedihkan, mudah-mudahan mereka akan menemukan solusi, tapi dari luar sulit dipahami karena tim top seperti Red Bull dikombinasikan dengan produsen mesin bisa menang. Tetapi tentu saja bentrok dengan kepentingannya sendiri, " kata Alonso. 

Red Bull secara resmi memulai musim perdana di F1 pada musim 2005. Lewat pembalapnya Sebastian Vettel, Red Bull sukses menjadi tim Austria pertama yang berhasil meraih gelar juara dunia F1 pada musim 2010.(Brian/Crash)


(RIZ)