Ilmuwan Microsoft Sebut Komputer Kuantum akan Hadir 10 Tahun Lagi

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 16 Oct 2015 10:25 WIB
microsoft
Ilmuwan Microsoft Sebut Komputer Kuantum akan Hadir 10 Tahun Lagi
Komputer kuantum diprediksi dapat membantu manusia memecahkan misteri alam semesta

Metrotvnews.com: Kehadiran komputer kuantum nampaknya bukan impian para penggemar fiksi ilmiah semata.

Menurut sebuah jurnal ilmiah yang dirilis oleh para ilmuwan di laboratorium kuantum Microsoft, komputer kuantum akan hadir dalam kurun waktu 10 tahun mendatang. Jurnal ilmiah yang dipublikasikan di Arxiv tersebut juga memberikan penjelasan detail bagaimana teknologi komputasi kuantum telah berkembang akhir-akhir ini.

Meskipun demikian, masih banyak ilmuwan yang merasa ragu akan hadirnya komputer kuantum tersebut. Pasalnya, komputasi kuantum adalah salah satu komputasi yang paling rumit di dunia dan terlihat mustahil bila dilakukan oleh keterbatasan sebuah perangkat elektronik.

Saat ini memang telah ada prototype dari sebuah komputer kuantum bernama D-Wave 2 yang berada di laboratorium kuantum milik Google. Namun komputer kuantum tersebut tidak memberikanperforma yang lebih hebat dari komputer biasa yang seharusnya tidak dimiliki oleh komputer kuantum.

Teknologi komputasi kuantum memang telah banyak dilirik oleh perusahaan teknologi besar, seperti Google, Microsoft, bahkan NASA. Mereka yakin bahwa teknologi tersebut merupakan lompatan komputer selanjutnya dan akan membantu manusia memecahkan berbagai misteri yang ada di alam semesta. Sayangnya, hingga saat ini arsitektur komputer kuantum masih sangat sulit dibuat dan masih banyak permasalahan yang harus dihadapi oleh para imuwan komputasi kuantum. (The Verge)


(MMI)